Pengamatan Pola Muat Terhadap Produktivitas Alat Gali Muat Pada Pengupasan Lapisan Tanah Penutup

Main Article Content

Sofwan Hadi
kartini kartini

Abstract

Kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) merupakan suatu proses pemindahan lapisan tanah penutup yang bertujuan untuk mengambil bahan galian yang berada dibawahnya. Kegiatan pengupasan overburden dilakukan pada tahapan awal penambangan.  Penelitian dilakukan dengan cara mencari bahan-bahan pustaka, pengamatan langsung di lapangan, dan wawancara. Tujuannya Untuk mengetahui pola muat yang digunakan dan produktivitas alat gali muat. Objek penelitian adalah Excavator Komatsu 1250, dengan melakukan perhitungan waktu siklus, bucket fill factor, efisiensi kerja dan produktifitas alat gali muat. Hasil pengamatan waktu siklus dikelompokkan berdasarkan pola muat yang digunakan dalam memperhitungkan produktivitas alat gali muat. Pola muat yang digunakan oleh alat gali muat adalah top loading, bench loading, double bench loading, back loading, dan bottom loading. Waktu siklus rata-rata pola muat top loading 20 detik, bench loading 22 detik, double bench loading 24 detik, bottom loading 26 detik, dan back loading 31,detik. Hasil produktivitas berdasarkan pola muat: Top loading adalah 861,084 bcm/jam, Bench Loading adalah 782,803 bcm/jam, Double Bench Loading adalah 717,57 bcm/jam, Bottom Loading adalah 646,601 bcm/jam, dan Back Loading adalah 515.856 bcm/jam. Pola muat yang menghasilkan produktivitas paling tinggi adalah top loading dengan angka produktivitas 861,084 bcm/jam. Akan  tetapi tidak semua pola muat top loading dapat diterapkan, tergantung kondisi di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

[1] Tenrisuki, A. 2003. Pemindahan Tanah Mekanis. Gunadarma. Jakarta
[2] Indonesianto, Y. 2014. Pemindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta. Yogyakarta
[3] Septiadi R., A. 2015. Perhitungan Produktivitas Alat Gali Muat Pada Kegiatan Pengupasan Lapisan Tanah Penutup di PT. Kalimantan Prima Persada jobsite MASS Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Program Studi Teknik Pertambangan Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin (tidak dipublikasi kan)
[4] Soemardikatmodjo, I. 2003. Alat-Alat Berat. https://www.coursehero.com/file/13568028/ALAT-BERAT/ diakses tgl 14 Mei 2020
[5] Rizani, Ahmad, Sofwan Hadi, and Muhammad Aril Asy'ari. "Modifikasi Geometri Peledakan Pada Sisi Free Face Di Area Low Wall Tambang Batubara." Poros Teknik 10.2 (2018): 60-66.
[6] Ilahi, Riki Rizki, Eddy Ibrahim, and Fuad Rusydi Swardi. "Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali-muat (Excavator) Dan Alat Angkut (Dump Truck) Pada Pengupasan Tanah Penutup Bulan September 2013 Di Pit 3 Banko Barat PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Upte." Jurnal Ilmu Teknik 2.3 (2014)