Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Pada Materi Perkalian Bentuk Aljabar SMPN 1 Angsana

Authors

  • Subandi Subandi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Rizki Zulkarnain STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v11i2.873

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, Bentuk Aljabar

Abstract

Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat sesuatu yang abstrak menjadi konkret. Model dua dimensi atau tiga dimensi adalah visualisasi yang sering digunakan dalam pengajaran dan pembelajaran. Di kelas matematika, siswa di SMPN 1 Angsana sering menghadapi kesulitan dalam memahami pelajaran karena media pembelajaran masih konvensional. Berdasarkan masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada penggandaan materi aljabar agar sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar. Untuk mencapai tujuan di atas, metode Penelitian dan Pengembangan digunakan dengan mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall dengan modifikasi dari Wibowo & Nugroho yaitu Studi Awal, Perencanaan, Pengembangan Media, Uji Coba, dan Produk Akhir. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dari pakar materi, ahli media, uji coba individu, dan uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran layak digunakan dengan skor rata-rata peringkat kelayakan materi ahli mencapai rata-rata 3,84 dengan kategori "Baik". Penilaian pakar media mencapai rata-rata 3,72 dengan kategori "Baik". Kemudian media pembelajaran layak digunakan dengan rata-rata 4,45 nilai tes individu dengan kategori "Sangat Baik", dan rata-rata 4,27 hasil tes lapangan dengan kategori "Sangat Bagus".

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Rizki Zulkarnain, STKIP PGRI Banjarmasin

Pendidikan Teknologi Informasi

References

[1] Anggraeni, Nurul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas CI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Managemen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
[2] Marfuah, Siti. Zulkardi. Nyimas Aisyah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan PowerPoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. jurnal gantang, Vol. 1 No. 1
[3] Dwiputra, Romy dan Ardi Pujiyanta. 2014. Media Pembelajaran Matrik Transformasi Berbasis Multimedia. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 2 No. 1
[4] Arsyad, Azhar, 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[5] Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
[6] Enterprise, Jubilee, 2016. Desain Grafis Dengan Powerpoint. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[7] Alidah. 2011. Pengaruh Penguasaan Materi Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Salafiyah Bode-Plumbon-Cirebon. Cirebon: Jurusan Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negri Syekh Nurjati.
[8] Marfuah, Siti; Zulkardi; dan Aisyah Nyimas, nur. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH, Volume 01, Nomor 01 Agustus Tahun 2016.
[9] Anggraeni, Nurul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas CI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Managemen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
[10] Musfiqon dan Widodo, Andiek. 2015 Desain Presentasi Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
[11] Riduwan, 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Subandi, S., & Zulkarnain, M. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Pada Materi Perkalian Bentuk Aljabar SMPN 1 Angsana. POROS TEKNIK, 11(2), 84–93. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v11i2.873

Issue

Section

Artikel (Indonesia)