Sistem Informasi Rekam Medik Klinik Hewan dan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Gunawan Rudy Cahyono Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Saberan Saberan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Marlina Hidayati Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i1.662

Keywords:

Certainty factor, Diagnosa Penyakit, Sistem Pakar

Abstract

Sistem Informasi rekam medik merupakan sistem yang bertujuan untuk mengelola data pasien yang mendaftar untuk berobat hingga pasien tersebut meninggalkan klinik. Diagnosa penyakit bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi mengenai suatu jenis penyakit atau masalah kesehatan yang diderita atau dikeluhkan oleh pasien. Kesalahan dalam mendiagnosa pasien sangatlah fatal, karena diagnosa juga menentukan tindakan apa saja yang akan dilakukan kedepannya. Untuk mempermudah suatu klinik untuk mengelola data pasien, dan untuk mempermudah dokter maupun petani dalam mendiagnosa penyakit sapi yang terserang penyakit, maka dibuatlah suatu program sistem informasi yang dapat mengelola data pasien dan mengidentifikasi penyakit sapi. Program sistem pakar ini meniru cara berpikir seorang ahli spesialis penyakit hewan dalam melakukan identifikasi suatu penyakit. Program sistem informasi ini dibuat untuk membantu dalam mengelola data pasien serta mencari kesimpulan tentang penyakit melalui analisa gejala yang menyerang beserta pencegahan atau solusi yang sesuai untuk mengatasinya. Pengembangan aplikasi rekam medik ini menggunakan metode sistem pakar certainty factor dan menggunakan pemrograman PHP dan untuk database-nya menggunakan MySQL. Sistem informasi ini tentunya sangat membantu peternak mengenali penyakit sapi yang dideritanya sehingga tersadar untuk merujuknya ke dokter ahli, bagi seorang pakar (dokter) akan terbantu sebagian tugasnya karena tidak perlu lagi mengira - ngira penyakit yang diderita pasien sehingga pada nantinya akan terhindar dari kesalahan diagnosa karena daya ingat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gunawan Rudy Cahyono, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Elektro
Prodi Informatika

Saberan Saberan, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Elektro
Prodi Informatika

Marlina Hidayati, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Informatika

References

[1] Anggara, Dimas. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medik Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Mitra Mulia Husada Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah .Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Lampung : Bandar Lampung.
[2] Departmen Kesehatan RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 269/MenKes/Per/III/2008. - Tentang Rekam Medik. Jakarta : Departmen Kesehatan RI.
[3] Departmen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medik Rumah Sakit di Indonesia – Revisi 2 tahun 1996. Jakarta : Departmen Kesehatan RI.
[4] Elhasya. 2017. Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Dokter. [online]. Available at : http://www.situsmedis.com/2017/05/kele ihan-dan-kekurangan-menjadi-dokter.html [Accessed 16 February 2018].
[5] Judarwanto, Widodo. 2015. 10 Kesalahan Diagnosa Yang Sering Terjadi. [online]. Available at: https://www.Kompasiana.com/kesalahandiagnosa-paling-sering-terjadi.html [Accessed 16 February 2018].
[6] Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Peoject.
[7] Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence. Yogyakarta : Graha Ilmu.
[8] Lestari. 2012. Definisi Sistem Pakar. Arsip Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi: Sukabumi.
[9] Pertiwi, Devina Citra dan Eri Normayanti. 2014. Perancangan Sistem Pakar Penyakit Zoonosis Pada Sapi Menggunakan Metode Certainly Factor Berbasis Web. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin : Banjarmasin.
[10] Sibagariang, Swono. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainy Factor Berbasis Android. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara : Padang Bulan Medan.
[11] Subronto dan Ida Tjahajati. 2007. Ilmu Penyakit Ternak (Mamalia). Yogyakarta : UGM Gadjah Mada University Press.
[12] Turban, Efraim. 1995. Decicion Support System and Expert System. United States of America : Prentice Hall International Inc.
[13] Yulita, Evie Rizkie dan Sylka Fahrina. 2012. Perancangan Sistem Pakar Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainly Factor Berbasis Web. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin : Banjarmasin.

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Cahyono, G. R., Saberan, S., & Hidayati, M. (2018). Sistem Informasi Rekam Medik Klinik Hewan dan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Menggunakan Metode Certainty Factor. POROS TEKNIK, 10(1), 38–48. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i1.662

Issue

Section

Artikel (Indonesia)