Rancang Bangun Prototipe Buka Tutup Pintu Bendungan Otomatis Berbasis IoT Menggunakan SMS Gateway

Main Article Content

Saberan Saberan
Arifin Noor Asyikin
Aditiya Areza Putra
Ahmad Kukuh Aji Saputro
Rahim Wahyudi

Abstract

Pengawasan terhadap ketinggian air pada bendungan merupakan hal yang penting untuk memantau debit air, namun jika terjadi kelalaian dalam pengawasan akibatnya air akan meluap dan menyebabkan banjir. Bukan hanya itu, penyampaian informasi mengenai ketinggian air juga sangat minim. Sehingga apabila curah hujan mendadak tinggi akan sulit untuk diketahui. Debit air yang tidak terkontrol akibat curah hujan yang ekstrem dapat membuat suatu bendungan meluap dikarenakan kurangnya informasi ke pengawas pintu, hal ini disebabkan sistem pengawasan pintu air masih menggunakan cara manual. Dengan menggunakan metode waterfall, dirancang sebuah sistem monitoring dan peringatan yang menggunakan web dan sms gateway. Perancangan dari sistem ini yaitu dapat memonitoring ketinggian air secara real time melalui web, dan mendapatkan peringatan akan terjadinya banjir melalui pesan singkat.


Dengan adanya perancangan sistem ini, dapat mengendalikan pintu air bendungan secara otomatis dan pemberitahuan melalui sms menggunakan Modul SIM800L dan web untuk memonitorig ketinggian debit air. Dalam pengujian alat ini sudah bisa membuka atau menutup secara otomatis sesuai batas ketinggian yang telah ditentukan serta mengirimkan SMS pemberitahuan apabila bendungan telah mencapai batas siaga dan waspada. Dalam pengiriman SMS terjadi apabila telah mengenai sensor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel
Author Biographies

Saberan Saberan, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Elektro

Prodi Informatika

Arifin Noor Asyikin, Politeknik Negeri Banjarmasin

Jurusan Elektro

Prodi Informatika

Aditiya Areza Putra, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Informatika

Ahmad Kukuh Aji Saputro, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Informatika

Rahim Wahyudi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Informatika

References

[1] Darsono (2014) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem’, pp. 1–13. Tersedia http://www.google.com/darsono.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/file/16512/Flowchart.pdf.
[2] Dharwiyanti, S. (2003) ‘Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML)’, IlmuKomputer.com, pp. 1–13. Tersedia: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.
[3] Dwi Surjono, Herman, P. D. (2009) ‘Elektronika Lanjut’.
[4] Junaidi, A. (2015) ‘Internet of Things , Sejarah , Teknologi Dan Penerapannya : Review’, Jitter, I(3), pp. 62–66.
[5] Alfatah, M. (2016) ‘Publikasi Ilmiah--BENDUNGAN UNTUK MENGATUR KETINGGIAN AIR BERBASIS ARDUINO’. U. muhammadiyah surakarta
[6] Sanusi, M. R. (2006) ‘Bendungan, Sungai, dan Hak’.
[7] Sutono (2013) ‘Sistem Monitoring Ketinggian Air’, Majalah Ilmiah UNIKOM, 13(1), pp. 45–54.