Rancang Bangun Miniatur Jemuran Pakaian Pintar Berbasis Internet Of Things

Authors

  • Fuad Sholihin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Agus Setiyo Budi Nugroho Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Faidurrahman Faidurrahman Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Heru Dwi Sugiyono Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ibnu Sholeh Herdidenanto Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v9i2.647

Keywords:

Internet of Things, Jemuran Pintar, Mikrokontroler

Abstract

Pada masa kini, cara bekerja secara tradisional masih melekat dalam cara hidup masyarakat salah satunya adalah menjemur pakaian, setiap orang menjemur pakaiannya di halaman rumah. Cara kerja yang demikian membuat orang harus berada dalam kondisi siaga supaya pakaian yang di jemur tidak basah pada saat hujan datang. Berdasarkan hal tersebut maka penulis membuat sistem jemuran pakaian pintar berbasis internet of things, menggunakan mikrokontroler Arduino Nano sebagai pengendali dan NodeMCU sebagai alat mengirimkan data ke-database atau server yang nantinya data-data tersebut dapat dimonitoring dari website, sebagai masukan (input) alat ini menggunakan sensor cahaya (Light Dependent Resistor), sensor air, sensor suhu dan kelembaban (DHT22) dan limit switch. Untuk keluaran (output) ada Buzzer untuk indikator aktifitas, Driver motor memberi perintah Motor DC sebagai penggerak tempat jemuran dan kipas pengering, untuk mengeringkan pakaian disaat tempat jemuran didalam ruangan. Tempat jemuran akan masuk pada saat hujan dengan resistansi sensor  air di bawah atau sama dengan 500, cahaya gelap dengan nilai resistansi cahaya di atas 900, suhu dingin dengan nilai sensor di bawah 29*C, ataupun saat jemuran sudah memenuhi kebutuhan cahayanya dengan ditentukannya batas waktu berapa lama menjemur, dan tempat jemuran akan keluar ketika cahaya terang dengan nilai resistansinya di bawah atau sama dengan 700, suhu panas dengan nilai sensor di atas 33*C, dan jemuran belum memenuhi kebutuhan cahayanya atau belum sampai waktu yang telah ditentukan, kemudian tidak hujan dengan resistansi sensor air di atas 500.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fuad Sholihin, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Informatika

Jurusan Elektro

Politeknik Negeri Banjarmasin

Agus Setiyo Budi Nugroho, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Informatika

Faidurrahman Faidurrahman, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Teknik Informatika

Heru Dwi Sugiyono, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Teknik Informatika

Ibnu Sholeh Herdidenanto, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Teknik Informatika

References

[1] Adtya Rachman, M. Zulfikar. Rizal, Effendi Maulana. (2017). “Rancang Bangun Miniatur Rumah Pintar Berbasis Internet Of Things”.
[2] Brian W. Evans, (2013). “Arduino Programming NoteBook, First Edition”. [online] Available at: NoteBook (pdf) [Accessed 20 Januari 2018].
[3] Guk-guk, E. H. R. (2015). "Jemuran Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Ldr, Sensor Hujan Dan Sensor Kelembaban".
[4] Levardy, Tasman. (2015). "Motor DC, pengertian, karakteristik, bagian dan jenis motor DC".
[5] Muhammad. (2017). "Sistem Monitoring Keamanan Ruangan Dengan Arduino Menggunakan IP Camera Berbasis Web Dan Sms Gatewey".Tugas Akhir. Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin.
[6] Muzawi, R., Efendi, Y. dan Sahrun, N. (2018) "Node MCU", pp. 2–9.
[7] Purnama. (2016). “Pengertian LDR (Light Dependent Resistor) dan Cara Pengukurannya”.(http://teknikelektronika.com/pengertianldrlight-dependent resistor-cara mengukur-ldr/).
[8] Sahputra, Eko. (2016). “Tutorial Arduino Mengakses Sensor Hujan”. (http://www.ngarep.net/tutorial-arduino-mengakses-sensor hujan/).
[9] Sukran, Ahmad. (2015). "Pembuatan Alat Deteksi Pencemaran Udara Untuk Gas Buang Industri (H2S dan NH3) Berbasis Mikrokontroller".
[10] Syahwil, Muhammad. (2015). "Pengontrolan Buka Tutup Atap dan Blower Otomatis Untuk Jemuran Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Berbasis Android”.Tanggerang.
[11] Umboh, M. (2017). ‘Pengontrolan Buka Tutup Atap Jemuran Kain Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno’.

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Sholihin, F., Setiyo Budi Nugroho, A., Faidurrahman, F., Dwi Sugiyono, H., & Sholeh Herdidenanto, I. (2017). Rancang Bangun Miniatur Jemuran Pakaian Pintar Berbasis Internet Of Things. POROS TEKNIK, 9(2), 29–33. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v9i2.647

Issue

Section

Artikel (Indonesia)