Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web

Authors

  • Joni Riadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Reza Fauzan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yuli Purwo Arifianto Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v9i2.646

Keywords:

Codeigniter, Sistem Pendukung Keputusan, SAW

Abstract

Dalam rangka mendayagunakan bulog untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri, bulog mengadakan program raskin. Penyaluran raskin harus dilakukan dengan baik, transparan dan terorganisir agar raskin diterima oleh orang yang benar-benar membutuhkan. Permasalahan yang dihadapi adalah penilaian masih bersifat subjektif. Hal ini dikhawatirkan menimbulkan ketidaktepatan dalam menilai sehingga raskin tidak sampai kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Rancang bangun ini adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode SAW berbasis WEB. Sistem Pendukung Keputusan ini juga mampu menyelesaikan masalah penilaian subjektif dan sesuai dengan kondisi penentuan penerima Raskin di Kelurahan Alalak Utara. Dalam sistem pendukung keputusan penentuan penerima raskin, kriteria penerima sangat dibutuhkan oleh panitia seleksi karena nanti akan menghasilkan nilai yang berguna untuk menentukan penerima raskin. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan membantu dalam menentukan penerima bantuan raskin, agar dalam penyalurannya tidak salah sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Joni Riadi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Informatika

Jurusan Elektro

Politeknik Negeri Banjarmasin

Yuli Purwo Arifianto, Politeknik Negeri Banjarmasin

Mahasiswa Teknik Informatika

References

[1] R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018.
[2] J. Riadi, R. Fauzan, and M. M.Khoirul Mahdy, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kost disekitar Poluban dengan Menggunakan Metode SAW Berbasis Web. Online Inform., vol. 1, No.1, p. 176, 2018.
[3] Fitrah, Khairul. 2013 .Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima raskin menggunakan metode Algoritma K-MEANS dan F-AHP. Pekanbaru.
[4] Taufik, Yopi Firman. dan Sundari, Shinta Siti. 2014 . Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). https://www.neliti.com/id/publications/226253/sistem-pendukung-keputusan-penerimaan-pegawai-baru-dengan-menggunakan-metode-sim.
[5] Ab Basuki, Awan. 2010. Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter.Lokommedia: Yogyakarta dul Kadir, 2009, Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional,Yogyakarta, ANDI.

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Riadi, J., Fauzan, R., & Arifianto, Y. P. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. POROS TEKNIK, 9(2), 23–28. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v9i2.646

Issue

Section

Artikel (Indonesia)