Identifikasi Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Naïve Bayes Di Smk Muhammadiyah 3 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31961/porosteknik.v9i2.644Keywords:
Naive Bayes, Sistem Identifikasi, SekolahAbstract
Perilaku siswa pada saat ini begitu sangat mengkhawatirkan. Ada banyak perilaku yang bersifat destruktif, seperti tawuran, geng-gengan, minuman keras, perilaku seks bebas, pencurian, pemerkosaan, perampokan, dan banyak lagi. Kenakalan pada siswa sekolah merupakan gejala patologis sosial pada siswa yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Beberapa faktor seperti keluarga, sekolah, dan teman sepermainan dianggap men-jadi faktor penyebab perilaku siswa bermasalah. Untuk dapat mengidentifikasi siswa bermasalah yang terjadi dimasa sekarang, penulis mengumpulkan data secara langsung dilapangan. Dengan menggunakan metode Naïve Bayes, sistem pendukung keputusan siswa bermasalah dan tidak bermasalah di SMK Muhammadiyah 3 Banjar-masin telah dapat di selesaikan. Berdasarkan pengujian yang telah di lakukan, nilai presisi yang ditunjukan sebe-sar 92,5%. Nilai recall dihasilkan sebesar 51,3%.
Downloads
References
[2] Syarli and Muin, A. A. (2016) ‘Metode Naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan ( Studi Kasus : Data Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi )’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), pp. 1–5.
[3] Saleh, A. (2015) ‘Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga’, Citec Journal, 2(3), pp. 207–217. doi: doi.org/10.24076/citec.2015v2i3.49
[4] Cristedi Permana Barus (2013) ‘Sosial Ekonomi Keluarga dan Hubungannya dengan Kenakalan Remaja di Desa Lantasan Baru Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang’, Welfare StatE, 2(1). Available at: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ws/article/view/2138/1172.
[5] N., Nindya P., M. R. (2012) ‘Hubungan antara Kekerasan Emosional Pada Anak terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja’, Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(02), pp. 1–9. Available at: http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110810221_ringkasan(1)_FIX_PKM.pdf.
[6] Afrizal Subhan, A. (2017) ‘Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Dasar Pemrograman Berbasis Mobile Phone’, Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), VI(1), pp. 4–19