TEKNOLOGI WIRELESS SEBAGAI KONTROL GERAK MOTOR

Authors

  • H. Sarifudin Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Penerapan teknologi robotik pada saat ini sudah banyak diaplikasikan pemanfaatannya,  diantaranya penggunaan lengan robot untuk perakitan dan pengelasan kerangka mobil pada industri manufaktur,  sebagai pencari dan pemadam sumber api,  robot boneka,  ro-bot perang (War Robot),  robot intel yang dapat terbang digunakan untuk memotret suatu daerah, dan fungsi-fungsi lainnya baik dibidang kedokteran,  sosial dan lain-lain.

Dengan perangkat pengendali Robot dapat bergerak dengan baik. Untuk Sistem Otomatis, sensor pada kotak dapat mendeteksi adanya objek / benda yang di letakkan, sehingga kemudian Robot akan bergerak ke kotak tersebut dan memindahkannya ke kotak lain yang belum terisi objek / benda. Sedangkan untuk Sistem Wireless, robot ber-gerak sesuai pengendalian melalui penekanan tombol-tombol pada  remote control  de-ngan jarak maksimal berdasarkan hasil pengujian adalah sekitar 5 meter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Sarifudin, H. (2015). TEKNOLOGI WIRELESS SEBAGAI KONTROL GERAK MOTOR. POROS TEKNIK, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/45

Issue

Section

Artikel (Indonesia)