Pengaruh Perbedaan Machine Model Heavy Equipment Terhadap Nilai Mechanical Availability (Studi Kasus Pada PT. X Perusahaan Tambang Batubara)

Authors

  • Muhammad Syafwansyah Effendi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ahmad Hendrawan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rabiatul Adawiyah Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v7i2.331

Abstract

Berdasarkan pada penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan kajian mechanical availablity lebih banyak pada mesin-mesin industri dan belum banyak yang mengkaji masalah ini yang berhubungan dengan alat berat yang dioperasikan di pertambangan. Sehingga pada permasalahan ini adalah bagaimana pengaruh dari berbagai macam model alat berat terhadap nilai mechanical availability, serta untuk melihat jenis model mana yang mempunyai nilai Mechanical Availablity yang paling besar. Data diambil dari data History Preventive Maintanance pada sebuah perusahaan tambang di Kalimantan Selatan, selama periode 3 tahun. Pengujian data dengan menggunakan uji Posteriori (Post Hoc) untuk melihat model machine mana yang mana dari rata-ratanya nilai mechnalical availability adalah paling kuat berbeda.

Berdasarkan hasil pengujian statistik uji ANOVA  dengan uji F dan hasil analisis Linier Contrast menunjukkan kesimpulan bahwa rata rata nilai mechanical availability dari kesebelas model unit dalam sama. Sehingga uni Posteriori (Post Hoc) tidak bisa dilaksanakan.

Kata Kunci : Mechanical Availability, Model Unit, Post  Hoc

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-10

How to Cite

Effendi, M. S., Hendrawan, A., & Adawiyah, R. (2016). Pengaruh Perbedaan Machine Model Heavy Equipment Terhadap Nilai Mechanical Availability (Studi Kasus Pada PT. X Perusahaan Tambang Batubara). POROS TEKNIK, 7(2), 95–100. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v7i2.331

Issue

Section

Artikel (Indonesia)