ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DAS ASAM-ASAM DENGAN MENGGUNAKAN DEBIT HASIL PERHITUNGAN METODE NRECA

Authors

  • Fakhrur Razi Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Sungai Tabonio, S. Asam-Asam, Sungai Kintap terletak di Kabupaten Tanah Laut. Su-ngai Asam-Asam merupakan sungai induk dari beberapa sungai, diantaranya Sungai Katal-Katal dan Sungai Nahiyah.

Ketersediaan air dihitung dengan Metode Debit Andalan. Data yang diperlukan untuk analisis ketersediaan air adalah data debit sungai bulanan atau harian dengan periode waktu lebih besar dari 10 tahun, dimana data ini tidak ada sehingga debit bulanan di-simulasikan berdasarkan data hujan dan data evapotranspirasi potensial pada daerah penelitian dengan bantuan model matematik hubungan hujan-limpasan. Model hubungan hujan-debit dengan interval bulanan yang digunakan adalah NRECA. Dari Metoda NRECA nantinya didapat Debit Andalan 80%, 85%, 90%, 95% dan 99%.

Ketersediaan Air/Debit andalan DAS Asam-AsamĀ  menggunakan debit hasil perhitungan Metode NRECA menunjukan bahwa debit andalan 80% didapat rata-rata per tahun 12,364 m3/detik, dan 85% didapat rata-rata per tahun 9,962 m3/detik. Ketersediaan Air/Debit Andalan 90% didapat rata-rata per tahun 7,773 m3/detik. Dan bahkan pada saat ke-tersediaan air 95% didapat rata-rata per tahun 5,829 m3/detik, dan 99% didapat rata-rata per tahun 4,451 m3/detik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Razi, F. (2015). ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DAS ASAM-ASAM DENGAN MENGGUNAKAN DEBIT HASIL PERHITUNGAN METODE NRECA. POROS TEKNIK, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/28

Issue

Section

Artikel (Indonesia)