ANALISIS PEMILIHAN MATERIAL BETON DAN MATERIAL BAJA SEBAGAI ALTERNATIF MATERIAL PENGGANTI KAYU ULIN UNTUK KOLOM/TIANG

Authors

  • Retna Hapsari Kartadipura Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Kelangkaan kayu ulin saat ini dihadapi oleh industri konstruksi khususnya untuk pekerja-an yang menggunakan konstruksi kayu. Kendala yang dihadapi saat ini selain langka ka-yu ulin harganya pun kian hari mengalami kenaikan yang cukup tinggi akibat kelangka-annya.

Permasalahan ini membuat kita harus mencari alternatif material lain yang tentunya da-pat berfungsi sesuai spesifikasi teknis yang diinginkan.

Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor menggunakan Meto-de Zero-one. Pemilihan variabel dikemukakan untuk menentukan alternatif pemilihan ma-terial beton dan baja. Masing-masing faktor memiliki variabel yang spesifik berkaitan dengan material beton dan baja.

Penilaian faktor sebagai dasar pengukuran untuk menentukan alternatif penilaian menun-jukan bahwa untuk faktor pengadaan beton dan baja sama sama memiliki nilai 139.70, untuk faktor teknis bahan beton memiliki nilai 360.29 dan baja memiliki nilai 485.29. Se-dangkan untuk faktor finansial/ekonomi beton memiliki nilai 175 dan baja memiliki nilai 125.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Kartadipura, R. H. (2015). ANALISIS PEMILIHAN MATERIAL BETON DAN MATERIAL BAJA SEBAGAI ALTERNATIF MATERIAL PENGGANTI KAYU ULIN UNTUK KOLOM/TIANG. POROS TEKNIK, 4(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/21

Issue

Section

Artikel (Indonesia)