Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Studi Kasus SMKN 2 Banjarmasin

Authors

  • Saberan Saberan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahimi Fitri Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Wanvy Arifha Saputra Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rezza Aditya Pratama Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v15i1.1955

Keywords:

Perpustakaan, Sistem Informasi, Sekolah, Website

Abstract

Menurut undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Seiring perkembangan teknologi yang saat ini sangat berkembang dengan cepat kini ada sistem yang dapat mempermudah untuk mengelola perpustakaan. Namun, perpustakaan di SMKN 2 Banjarmasin pengelolaannya masih menggunakan cara manual, kurang baik, dan tidak terkontrol. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukanlah pembangunan dan perancangan sistem informasi perpustakaan di SMKN 2 Banjarmasin, agar pegawai di perpustakaan tersebut lebih mudah dalam mengelola pendataan buku, anggota, peminjaman buku, pengembalian buku, dan denda di perpustakaan SMKN 2 Banjarmasin. Dalam perancangan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) atau dalam bahasa indonesia disebut dengan siklus hidup pengembangan sistem. Adapun untuk tahap-tahap dari metode SDLC yaitu tahap perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, testing dan integrasi, pemeliharaan atau perawatan. Sistem Informasi Perpustakaan SMKN 2 Banjarmasin ini telah berhasil dirancang dan dibangun dengan baik untuk mempermudah pihak sekolah dalam melakukan pengelolaan pendataan buku, peminjaman buku, pengembalian buku serta denda di perpustakaan SMKN 2 Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afyenni, R. (2014). Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada SMA Pembangunan Laboratorium UNP). TEKNOIF, 2, 35-39.

Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP dan MySQL. Jakarta: Media Kita.

Aryanto. (2016). Pengolahan Database MySQL Tingkat Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Hartono, J. (1999). Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Jayan. (2010). CSS untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2008). Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak (Buku Dua). Yogyakarta: Andi.

Saputra, Wanvy Arifha, and Evi Widiastuti. "Sistem Informasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan Berbasis Web Gis (Studi Kasus: BNPB Kalimantan Selatan)." Seminar Nasional Riset Terapan. Vol. 4. 2019.

Riadi, Joni, et al. "Pengembangan Dan Pelatihan Penggunaan E-Learning Pada SMPN 7 Banjarmasin." Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2.2 (2020): 112-118.

Published

2023-06-30

How to Cite

Saberan, S., Fitri, R., Saputra, W. A., & Pratama, R. A. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Studi Kasus SMKN 2 Banjarmasin. POROS TEKNIK, 15(1), 36–48. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v15i1.1955

Issue

Section

Artikel (Indonesia)