Unit Testing Dan User Review Pada Sistem Informasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Website Dan Android

Authors

  • Andhik Ampuh Yunanto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Wiratmoko Yuwono Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Jihan Ghaniyyah Putri Arrochim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v15i1.1954

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat, sistem informasi, unit testing, user review

Abstract

Sesuai dengan salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap perguruan tinggi wajib untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memiliki memiliki 24 program studi yang setiap tahunnya rutin menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga terdapat banyak data yang harus segera dikelola. Tidak adanya fitur yang dapat menampilkan keseluruhan data pada aplikasi yang sudah ada, menyebabkan proses pengelolaan data oleh dosen juga P3M menjadi terhambat. Proses ini dapat dilakukan lebih mudah apabila keseluruhan data ada dalam suatu sistem informasi. Oleh karena itu, penulis mengembangkan aplikasi yang dapat menampilkan keseluruhan data kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mana data akan ditampilkan dalam bentuk daftar juga diagram statistik. Upaya ini juga merupakan salah satu bentuk sentralisasi data agar aplikasi sistem informasi ini dapat menjadi basis data kegiatan pengabdian kepada masyarakat PENS. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menampilkan informasi penawaran judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat mengatasi masalah capaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat setiap program studi pada setiap tahunnya. Pengujian sistem informasi ini dilakukan dengan metode user review.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Accurate, “Unit Testing: Pengertian dan Bedanya Dengan Metode Testing Lainnya”, [Online]. Diakses dari URL https://accurate.id/marketing-manajemen/unit-testing/#Apa_Itu_Unit_Testing

Saputra, Wanvy Arifha, and Evi Widiastuti. "Sistem Informasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan Berbasis Web Gis (Studi Kasus: Bnpb Kalimantan Selatan)." Seminar Nasional Riset Terapan. Vol. 4. 2019.

Dalis, Sopiyan. "Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Web." Paradigma 19.1 (2017): 1-8.

Adani, Muhammad Robith. Ketahui Apa itu Data Flow Diagram (DFD) Beserta Jenis dan Fungsinya, Sekawan Media, https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-dfd, Diakses tanggal 13 Januari 2022.

Nebut, Clementine, et al. "Automatic test generation: A use case driven approach." IEEE Transactions on Software Engineering 32.3 (2006): 140-155.

Runeson, Per. "A survey of unit testing practices." IEEE software 23.4 (2006): 22-29.

Genc-Nayebi, Necmiye, and Alain Abran. "A systematic literature review: Opinion mining studies from mobile app store user reviews." Journal of Systems and Software 125 (2017): 207-219.

Published

2023-06-30

How to Cite

Yunanto, A. A., Yuwono, W., & Putri Arrochim, J. G. (2023). Unit Testing Dan User Review Pada Sistem Informasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Website Dan Android. POROS TEKNIK, 15(1), 30–35. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v15i1.1954

Issue

Section

Artikel (Indonesia)