ANALISIS APLIKASI TURBO CYCLONE, HIDROGEN BOOSTER, DAN WATER INJEKSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 110 CC

Main Article Content

M. Firdaus Jauhari
Ricky Harnoko
Untung -

Abstract

Beragam cara untuk meningkatkan efisiensi pembakaran pada kendaraan bermotor da-lam upaya mendapatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi emisi buang. Da-lam percobaan ini diaplikasikan Turbo Cyclone, Hidrogen Booster, dan Water Injeksi pa-da sistem bahan bakar motor bensin 110 cc yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi ketiganya terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Pemasangan swiring fan, pemasukan gas hydrogen, air sulingan yang di injeksikan (Water Injeksi) ke dalam system pembakaran ternyata mampu memperbaiki emisi gas buang dan mengu-rangi konsumsi bahan bakar.

Di dalam melakukan percobaan ini, metode yang digunakan adalah dengan pengambilan data emisi gas buang pada putaran 1500, 3000, dan 5000 rpm, terhadap gas CO, HC, CO2 dan dengan melakukan 3 kali pengambilan sampel pada setiap masing-masing pu-taran di atas. Data yang di dapat kemudian dianalisis ke dalam bentuk grafik. Setelah pe-ngujian emisi selesai barulah melakukan pengujian konsumsi bahan bakar pada kecepat-an rata-rata, jarak tempuh dan volume bahan bakar yang telah ditentukan.

Hasil analisa menunjukkan bahwa pada motor yang menggunakan Turbo Cyclone, Hi-drogen Booster, dan Water Injeksi dapat memperbaiki tingkat emisi gas buang CO, HC, dan CO2, sedangkan pada konsumsi bahan bakar didapatkan penghematan 2% pada percobaan dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam dan jarak tempuh 8 km. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi Turbo Cyclone, Hidrogen Booster, dan Water Injeksi pada sistem bahan bakar motor bensin 110 cc lebih ekonomis dibandingkan dengan kondisi standar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel