FAULT TOLERAN UNTUK NANOSCALE MEMORY MENGGUNAKAN REED SOLOMON CODE

Main Article Content

Zaiyan Ahyadi

Abstract

Industri chip silikon berlomba mengikuti hukum Moore, yang menjadikan ukuran transis-tor tambah mengecil menuju orde nano meter yang disebut dengan nanoelektronik. Pera-latan pertama yang diprediksi bakal menerapkan teknologi nanolektronik adalah memori, karena keteraturan struktur sel memori memnyebabkan memori lebih mudah dibuat da-lam ukuran nanometer, yang disebut dengan nano memori.

Ukuran transistor atau peralatan chip silikon lainnya yang sangat kecil menyebabkan fe-nomena fisis pada chip silikon tadi akan berubah. Hal ini berarti juga akan mengubah ka-rakteristik dari memori yang terbuat dari chip silikon. Salah satu fenomena tersebut ada-lah mudahnya nano memori terkena dampak paparan dari partikel kosmis yang menye-babkan error yang tidak permanen, yang disebut sebagai soft error.

Tulisan ini mengusulkan suatu teknik fault toleran untuk mitigasi soft error dengan meng-gunakan kode Reed Solomon. Teknik ini mempunyai karakteristik mampu memperbaiki error yang terjadi dalam suatu blok pada suatu kode data

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel