Rancang Bangun Alat Deteksi Kematangan Buah Durian Menggunakan Naive Bayes

Authors

  • M. Helmy Noor Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Wanvy Arifha Saputra Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Asmaul Husna Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Dwi Septiarini Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Handini Gustiara Hayati Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i2.1349

Keywords:

Durian, Mikrokontroler, Naïve Bayes, Sensor, Website

Abstract

Buah durian memiliki bentuk atau ciri yang khas, yaitu adanya duri yang mengelilingi seluruh bagian kulit luar dari buah durian, sehingga buah durian disebut sebagai raja dari segala buah. Karena jenis dan jumlah durian sangat beragam, sering kita menjumpai buah durian dari pengepul belum sesuai dengan yang diinginkan oleh penjual, sehingga ketika akan dijual lagi mengalami kesulitan. Dari indra penciumanlah penjual bisa menentukan tingkat kematangan buah durian yang benar-benar matang. Untuk mengatasi masalah menentukan tingkat kematangan buah durian dibutuhkan suatu sistem dan alat yang dapat mengurangi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, alat pendeteksi kematangan buah durian ini akan sangat bermanfaat dan diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun alat pendeteksi kematangan buah durian. Alat ini menggunakan sensor TGS 2600 yang berfungsi untuk mendeteksi kontaminasi udara, dan TGS 2620 yang berfungsi untuk mendeteksi kadar alkohol. Kedua sensor tersebut terkoneksi dengan mikrokontroler. Setelah terhitung maka ESP32 akan mengirimkan data dan mengirimkannya ke website untuk dihitung menggunakan metode Naive Bayes. Setelah hasil klasifikasi didapatkan maka akan dikirimkan kembali untuk ditampilkan di LCD. Hasil yang didapatkan berupa jenis kematangan dari buah durian, yang berupa mentah atau matang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, R. et al. 2017. Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Ruangan Dengan Arduino Menggunakan Ip Camera Berbasis Web dan SMS Gateaway.

Belgis, M. 2016. Profil Komponen Volatil dan Deskripsi Sensori Flavor Dari Beberapa Kultivar Durian (Durio Zibethinus Murr). Dan Lai (Durio Kutejensis Hassk). Tesis. Bogor: Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Febriyansyah. 2014. Aplikasi Sensor Kompas Magnetometer 3 Axis Hmc5883l Pada Prototype Robot Boat Pengumpul Sampah Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir. Palembang: Program Diploma III Politeknik Negeri Sriwijaya.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data All in 1. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Jaenal A., Intan E. D., dan Danny K. 2017. Prototipe Pendingin Perangkat Telekomunikasi Sumber Arus Dc Menggunakan Smartphone. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto.

Kadir. 2013. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Kusbianto, B. 2011. Kajian Perubahan Flavor Buah Durian Terolah Minimal Berlapis Edibel Selama Penyimpanan. Tesis. Bogor: Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Mosser R., Duvel D., and Greve R. 1980. Volatile constituent and Fatty Acid Composition of Lipids in Durio Zibethinus. Phytochemistry. 19:79-81.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media

Setiadi. 1985. Bertanam Durian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika.

Simamora, Jhohannes. 2019. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Tingkat Kematangan Buah Durian Dengan Metode Naïve Bayes Menggunakan Sensor Berbasis Arduino. Skripsi. Malang: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Suhariningsih. 2012. Rancang Bangun Jemuran Otomatis Berbasis Mikrokontroler (Software). Jurnal Teknik Elektro Industri Politeknnik Elektro Negeri Surabaya.

Weenen H, Koolhaas WE, Apriyantono A. 1996. Sulfur Containing Volatiles of Durian (Durio Zibethinus Murr). Fruit. Journal Agricultural Food Chemistry. 44:3291-3293.

Wong DWS, Tie DY. 1995. Volatile Constituents of Durian (Durio Zibethinus Mur). Flavor and Fragrance Journal. 10:79-83

Graha, S., Saputra, W. A., & Nugroho, A. S. B. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Shorinji Kempo Di Politeknik Negeri Banjarmasin. Poros Teknik, 11(2), 94-103.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Noor, M. H., Arifha Saputra, W., Husna, A., Septiarini, D., & Gustiara Hayati, H. (2021). Rancang Bangun Alat Deteksi Kematangan Buah Durian Menggunakan Naive Bayes. POROS TEKNIK, 13(2), 91–100. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i2.1349

Issue

Section

Artikel (Indonesia)