Prototype Display Informasi Kampus Menggunakan Rasberry Pi Studi Kasus Pada Gedung UPT TIK Politeknik Negeri Banjarmasin

Authors

  • Arifin Noor Asyikin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Akbar Ela Heka Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Zainal Abidin Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i1.1345

Keywords:

Display Informasi, Raspberry Pi, Server TV, Streaming

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun display informasi dalam bentuk web sebagai media dalam penyampaian informasi yang berkaitan dengan kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) seperti pengumuman, report data kampus serta denah kampus Poliban berbasis Raspberry Pi, Sehingga display informasi dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung, staf, dan mahasiswa/i dalam mendapatkan informasi dari Poliban secara cepat. Selain itu juga melakukan uji coba dalam hal pembuatan server TV, sehingga menghasilkan TV streaming agar bisa ditampilkan di display informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall. Pada tahapan pertama dilakukan penilitian langsung ke Poliban dalam pengumpulan data untuk penelitian. Data-data yang didapatkan dianalisis untuk keperluan pembuatan desain dan alur system display informasi. Kemudian desain dan analisis masalah pada tahapan sebelumnya diterjemahkan ke dalam kode-kode program dengan menggunakan bahasa pemprograman web. Tahapan selanjutnya adalah penyatuan unit-unit program dan pengujian secara keseluruhan sistem yang diimplementasi. Tahapan terakhir adalah pengoperasian pada display informasi dan akan dilakukan pula pemeliharaan jika masih ada kendala saat diimplementasikan pada kondisi sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa display informasi dapat dijalankan dalam bentuk web serta dapat menayangkan tayangan TV streaming yang berasal dari server TV. Dengan demikian, display informasi kampus Poliban dapat digunakan oleh para pengunjung, staf dan mahasiswa/i Poliban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maulana, M. R. (2017). Pengertian Display Informasi. Banjarmasin.

Efendi, I. (2015, 08 23). Apa Yang di Maksud Dengan Server ? Retrieved from www.it-jurnal.com: https://www.it-jurnal.com/apa-yang-di-maksud-dengan-server/

Darmaliputra, A., & Hermawan, H. (2014). Pembuatan Web Server Berbasis Raspberry Pi untuk Kontrol Lampu dan AC. CALYPTRA, 3(1), 1-18.

Syafrizal, M. (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET.

Fahmi, A. (2015, Desember 25). Apa itu Raspberry Pi. Retrieved from http://www.bapaknaga.com: http://www.bapaknaga.com/2015/12/apa-itu-raspberry-pi.html

Tomasua, S., Triyanto, D., & Nirmala, I. (2016). Sistem kendali dan monitoring penggunaan peralatan listrik di rumah menggunakan Raspberry Pi dan Web Service. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 4(3).

Fernando, E. (2014). Automatisasi smart home dengan raspberry pi dan smartphone android. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK), 5, 1-6.

Enterprise, J. (2010). Teknik Mengubah PC Menjadi Home Theater. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Asyikin, A. N., Saputera, N., & Yohanes, E. (2013). Sistem Manajemen Hotspot Di Politeknik Negeri Banjarmasin Menggunakan Mikrotik Router Os. POROS TEKNIK, 5(1), 31-35.

Graha, S., Saputra, W. A., & Nugroho, A. S. B. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Shorinji Kempo Di Politeknik Negeri Banjarmasin. Poros Teknik, 11(2), 94-103.

Downloads

Published

2021-06-01

Issue

Section

Artikel