Karakteristik Rangkaian RL Dan RC Menggunakan Bahasa Komputasi Matlab

Authors

  • Khairunnisa Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Qamariah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Jarot Wijayanto Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i2.1142

Keywords:

Karakteristik, Rangkaian listrik, RL, RC

Abstract

Arus, tegangan, dan daya adalah parameter utama yang biasanya menjadi acuan bagi teknisi untuk diukur ketika mengoperasikan perangkat-perangkat listrik dan elektronika. Pengukuran menggunakan alat ukur konvensional berupa multimeter dan osiloskop, analog, maupun digital. Secara keseluruhan, hasil pengukuran seharusnya bisa menjadi acuan apakah respon rangkaian sudah sesuai dengan teori, apakah rangkaian layak atau tidak untuk diimplementasikan. Biasanya hasil pengukuran disajikan berupa tabel data. Beberapa tabel data dibuat dengan menggunakan variabel yang berbeda, kemudian disimulasikan dalam bentuk grafik. Grafik inilah yang biasanya dianggap sebagai karakteristik rangkaian. Untuk menghindari analisis berulang, diperlukan suatu modul komputasi praktis sehingga pembelajaran praktek rangkaian listrik dapat disajikan secara efektif dan efisien.  Penelitian merancang suatu modul pembelajaran yang dapat menampilkan grafik karakteristik rangkaian meliputi arus, tegangan, dan daya berdasarkan persamaan sifat-sifat rangkaian sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa sekaligus membuktikan teori yang sudah ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. Sugiarto, “Penggunaan Metode Demontrasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pengukuran Besaran Listrik Rangkaian Elektronika,” 2019. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Volume 3, No.2, hal 191-198.

Suryani Taib, “Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Pada Siswa Kelas X Sma N 1 Kota Ternate,” Jurnal Saintifika, Vol.3, No.1, hal 49-57, 2018.

Khairunnisa, “RL dan RC Tanpa Sumber,” dalam Diktat Mata Kuliah Rangkaian Listrik, 2018.

Khairunnisa, “Fungsi Pemaksa Rangkaian,” dalam Diktat Mata Kuliah Rangkaian Listrik, 2018.

William H. Hayt, dkk, “Rangkaian-rangkaian RL dan RC Tanpa Sumber,” dalam Rangkaian Listrik Jilid 1, edisi ke-4, Jakarta, Indonesia, 2009, bab 5.

William H. Hayt, dkk, “Induktansi dan Kapasitansi,” dalam Rangkaian Listrik Jilid 1, edisi ke-4, Jakarta, Indonesia, .2009, bab 4.

William H. Hayt, dkk, “Penerapan Fungsi Pemaksa Tangga Satuan,” dalam Rangkaian Listrik Jilid 1, edisi ke-4, Jakarta, Indonesia, 2009, bab 6.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Khairunnisa, K., Qamariah, Q., & Wijayanto, J. (2021). Karakteristik Rangkaian RL Dan RC Menggunakan Bahasa Komputasi Matlab. POROS TEKNIK, 13(2), 76–83. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v13i2.1142

Issue

Section

Artikel (Indonesia)