PENGARUH KUALITAS LAYANAN M-BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BRI KCP KAYU TANGI BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.869Keywords:
Kualitas Layanan, Mobile Banking, Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan Penelitian mengetahui tingkat kualitas layanan mobile banking, pengaruhnya secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah di bank BRI Kantor Cabang Pembantu Kayu Tangi Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara simultan kualitas layanan M-Banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Secara parsial tangible dan assurance berpengaruh positif tidak signifikan, reliability dan emphaty berpengaruh positif signifikan, dan responsiveness berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pengaruh yang paling dominan adalah variabel emphaty.
Downloads
References
Kerin, Roger A., and Lau, Geok Theng,. 2013. Marketingin Asia ‘2nd edition. McGraw Hill Companies.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2014). Manajemen pemasaran, edisi kedua belas, Jakarta: indeks.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum
Shinhan Bank. Pengertian Mobile Banking. https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking. (diakses 15-1-2019).
Supriyono, Maryanto .2010, Buku Pintar Perbankan, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Surat Edaran No.6/18/DPNP,Perihal Penerapan Manajemen Risiko pada Aktifitas Pelayanan Jasa Bank melalui Internet Banking, Jakarta: Bank Indonesia, 2004.
Zeithaml, et al. 2002. Service Quality Delivery Through Web Sites: A Critical Review of Extant Knowledge. Academy of Marketing Science. http://citeseerx.ist.psu.edu.