Efektifitas Community Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Kuliner Di Era New Normal

Penulis

  • Hairul Anwar
  • Padli Padli Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fitriani Fitriani Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1584

Kata Kunci:

Community Marketing, Strategi, Pemasaran, New Normal

Abstrak

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah UMKM melesu, permintaan pelanggan menurun drastis, omset terjun hingga 20 persen dibandingkan kondisi normal bahkan sebagian pegusaha juga terpaksa tutup tidak beroperasi, tak terkecuali bisnis kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Community Marketing menggunakan Metode EPIC model dan Pengaruhnya Terhadap loyalitas pelanggan. Metode Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode EPIC model dan analisis regresi berganda. Hasil analisis dengan menggunakan metode EPIC model diketahui bahwa community marketing sudah efektif dalam memasarkan produk atau jasa di era new normal. Dan dalam Metode Regresi Linear Berganda menjadi Y = 0,374 + 0,235X1 + 0,297X2 + 0,131X3 + 0,187X4. keempat variabel yang digunakan memberikan pengaruh yang sama yakni berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi, hasilnya 61,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel emphaty, persuasion, impact, dan communicatio sedangkan 38,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ghozali,Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta: Erlangga.

Kertajaya, Hermawan et.al. 2003. Marketing in Venus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya, Hermawan., dan Darwin, Waizly. 2010. Connect Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya, Hermawan. 2009. New Wave Marketing: The World is Still Round The Market is Already Flat. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Komariah, Nur. 2016. "Efektivitas Komunikasi Pemasaran pada Makanan Jajanan (Street Food) Waroeng Taman, Bogor", Skripsi, Bandung: Fakultas Ekologi Manusia.

Yuswohady. 2008. CROWD Marketing Becomes Horizontal. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Agustina, Lidya, "Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Olahan Pertanian Institut Pertanian Bogor di Serambi Botani, Mal Gandaria City", Skripsi, Bandung: Fakultas Ekologi Manusia, 2013.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Diterbitkan

30-11-2022

Cara Mengutip

Anwar, H., Padli, P., & Fitriani, F. (2022). Efektifitas Community Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Kuliner Di Era New Normal. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(02), 131–136. https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1584