ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE KONSUMEN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Rahmatul Jannatin Naimah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rudy Haryanto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Rizqoni Urfi Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1139

Kata Kunci:

perilaku konsumen, online shopping, e-commerce, covid-19

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perubahan Perilaku Belanja Online Konsumen Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan 100 Responden Masyarakat Kota Banjarmasin yang pernah melakukan kegiatan belanja Online selama masa pandemi Covid-19. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Central Tendency. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Perubahan Perilaku Belanja Online Konsumen selama Masa Pandemi Covid-19, antara lain; 1) Intensitas belanja Online masyrakat di kota Banjarmasin Meningkat Selama Masa Pandemi Covid-19, 2) Meningkatnya jumlah uang yang digunakan konsumen untuk berbelanja Online, 3) Terdapat beberapa kategori produk yang lebih sering dibeli secara online yaitu produk fashion dan kecantikan, makanan dan minuman atau snack, serta essential kit berupa masker, sanitizer, disenfektan, face shield, dan lain-lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Harahap, Dedy Ansari Dan Dita Amanah, 2018, Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus.

Kotler, Philip and Keller, Kevin, Lane. 2011. Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Mardiani, I’in Endang Dan Orland Jorge Imanuel, 2013, Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)

Nofri, Okta Dan Andi Hafifah, 2018, Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar.

Rincing, Sultan, 2014, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Mesin Computer Numerical Control (Cnc) Merek Enshu.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks Puri Media Kembangan.

Sitorus, Linaria, 2015. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan PT. Graha Stella Mandiri Tour Dan Travel.

Sunarto, 2018, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3s

Diterbitkan

30-11-2021

Cara Mengutip

Naimah, R. J. ., Haryanto, R., & Urfi, M. R. (2021). ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE KONSUMEN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 21(2), 54–59. https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1139