PENGARUH PANDEMI COVID-19 PADA PERUBAHAN GAYA BELANJA TERHADAP TRANSAKSI ONLINE MELALUI PLATFORM E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL (MEDSOS)

Authors

  • Phaureula Artha Wulandari Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Emy Iryanie Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Inayatul Ulya Ahyati Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1048

Keywords:

Pandemi Covid-19, Gaya Belanja, transaksi online, e-commerce, medsos

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi kehidupan sosial, pekerjaan, rencana wisata, kegiatan keagamaan dan kebiasaan berbelanja. Semakin tinggi jumlah terkonfirmasi positif di Banjarmasin mestipun berlaku PSBB. Semestinya protokoler PSBB yang terkait diterapkan, termasuk gerakan dirumah saja, jaga jarak,  pembatasan jam operasional  mall, pasar dan toko. Permasalahan yang muncul adalah, “Apakah pandemi Covid-19 di Banjarmasin mempengaruhi kebiasaan masyarakat berbelanja melalui transaksi online, dalam  rangka menghindari tertularnya Covid-19 ?†Perubahan  gaya belanja terhadap transaksi online melalui e-Commerce (marketplace) dan Medsos (Instragram dan Whatsapp). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui besarnya pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja tansaksi online melalui e-Commerce. Untuk mengetahui besarnya pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja tansaksi online melalui Medsos. Untuk mengetahui analisis komparatif pengaruh Pandemi Covid-19 pada perubahan gaya belanja terhadap transaksi online melalui e-commerce dibandingkan melalui Medsos Metode penelitian ini adalah  penelitian  kuantitatif deskriptif . Berdasarkan  hasil survei tahun 2020 secara sampling,  akan dianalisis secara kuantitatif sederhana dan kualitatif terhadap variabel penelitian yaitu gaya belanja, faktor pendukung gaya belanja, jenis transaksi. Sehingga dapat disimpulkan berapa besar pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja transaksi online melalui e-commerce dan medsos.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler & Amstrong. 2006. The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Keller, Kevin, Lane. 2011. Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Nurhayati, 2017, Belanja “Online†Sebagai Cara Belanja Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh) , Anthropological Journal Volume 1 No. 2

Sampurno ,Toto Pribadi & Winarso,2015, Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3594/3032 journal umy Volume 6 No.1 pp 255-270

Sari, Chacha Andira, 2015, Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga, Jurnal AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015, pp 205-215

https://marketeers.com/dampak-pandemi-pada-gaya-hidup-dan-kebiasaan-bekerja-menurut-survei/

Downloads

Published

11/30/2021

How to Cite

Wulandari, P. A., Iryanie, E., & Ahyati, I. U. (2021). PENGARUH PANDEMI COVID-19 PADA PERUBAHAN GAYA BELANJA TERHADAP TRANSAKSI ONLINE MELALUI PLATFORM E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL (MEDSOS). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 21(2), 101–111. https://doi.org/10.31961/intekna.v21i2.1048