PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI KECIL MIA LESTARI BANJARMASIN

Authors

  • HIkmayanti Huwaida Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rofii Rofii Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sri Imelda Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1502

Keywords:

Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing, Sales Volume

Abstract

Industri Kecil Mia Lestari merupakan perusahaan perorangan yang dipimpin oeh bapak Ir. Ramlan Muhammad Iriansyah. Penelitian ini dilakukan pada Industri Kecil Mia Lestari   di kota Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi (advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing) terhadap volume penjualan pada Industri Kecil Mia Lestari. 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Industri Kecil Mia Lestari.  Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel sebanyak 80 responden. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel advertising, personal selling, sales promotion, dan  volume penjualan berada pada rentang skor  yang termasuk dalam kategori  tinggi. Sedangkan variabel direct termasuk dalam kategori  cukup tinggi.  Advertising, personal selling, sales promotion, dan direct marketing secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan  terhadap volume penjualan sebesar 72,5%. Variabel yang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan adalah advertising  dan direct marketing.  Sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah personal selling dan  sales promotion. Komponen bauran promosi yang dominan berpengaruh terhadap volume penjualan adalah direct marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ) Di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(2), 97–106.

Ahmadi, R. S., Nining Harnani, & Setiadibawa, L. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537

Atiq, A. Z., & Syaichu, A. (2017). Pengaruh Promosi Menggunakan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Cokelat Japo. Ilmu – Ilmu Teknik - Sistem, 14(3), 1–11.

Budiati, Lestarini, P., & Akhiria, T. (2021). PENGARUH STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN JASA KONVEKSI PADA CV ANUGERAH SANDANG ABADI BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 160–177.

Elvira, L. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Skin Care Pada Klinik Beauty Cantika Bekasi Timur. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 45–56.

Farida, Y. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Produk Pada Home Industri Al-Amanah Sasirangan Banjarbaru. 1.

Haryanto, P. P. P., Larossa, E., & Purnama, Y. A. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Sepeda Motor Pada PT Astra Motor Di Samarinda Tahun 2020. CENDEKIA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN) IKIP PGRI KALIMANTAN TIMUR, 7(1), 47–60.

Lahensel, I. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Delivery ( PHD ) Bahu Kota Manado. Productivity, 3(1), 91–95.

Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di CV Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Management, 1, 139–152.

Mirnasari, T., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Keripik Pisang Di Gang PU Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 40–44. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1460

Novitasari, D. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu …. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 6(1), 55–63.

Nurdiyanti, S., Dahlan, F., & Madjodjo, F. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan SDM Terhadap Volume Penjualan Somel Al-Mubarok Kota Tidore Kepulauan. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1), 1–23.

Sembiring, M., & Purba, B. (2019). Analisis Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Jasa pada PT.Prudential Life Assurance. Regionomic, 1(1), 32–34.

Simanjuntak, S. C., Panjaitan, M., & Napitupulu, J. (2020). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TELKOM KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Methonomi, 21(1), 1–9.

Sovania, E., & Selliamanik, I. (2019). Pengaruh Promosi Media Situs Jual Beli Online terhadap Peningkatan Penjualan Produk UKM. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 262. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.2612

Sumitro, Y., Helmy, B. J., & Soekotjo, W. (2019). ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KONDOMINIUM DI KAWASAN KOTA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 1(XXIV).

Togodly, E. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica di Kabupaten Jayawijaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–9.

Tores, R. (2022). MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Studio Sekayu, 3(1), 52–65.

Downloads

Published

11/30/2022

How to Cite

Huwaida, H., Rofii, R., & Imelda, S. (2022). PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI KECIL MIA LESTARI BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 22(02), 137–146. https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1502