ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • RUSNIATI RUSNIATI JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • AHSANUL HAQ JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Kata Kunci:

motivasi konsumen, persepsi konsumen, keputusan belanja online, pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen dan persepsi konsumen secara simultan terhadap keputusan belanja online pada masa pandemi Covid-19. Kemudian juga menganalisis pengaruh motivasi konsumen dan persepsi konsumen secara parsial terhadap keputusan belanja online pada masa pandemi Covid-19.

Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan belanja online. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen dan persepsi konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan belanja online pada masa pandemi Covid-19. Motivasi konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan belanja online pada masa pandemi Covid-19. Persepsi konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan belanja online pada masa pandemi Covid-19.

Kata kunci : motivasi konsumen, persepsi konsumen, keputusan belanja online, pandemi Covid-19

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Auf, Mohamed Abdellatif Abu, Houcine Meddour, Oussama Saoula and Abdul Halim Abdul Majid. 2018. Consumer buying behaviour: the roles of price, motivation, perceived culture importance, and religious orientation. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR). Vol. 12 Issue 4. July.

Dewi, Siti Kumala, Pamasang S. Siburian dan Herning Indriastuti. 2017. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol. 9, No.2.105-110.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, Dedy Ansari dan Dita Amanah. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).Vol 9, No. 2 : 193-213.

Hsu, Shu-Hung, Ph.D and Pham Minh Luan MBA. 2017. The Perception Risk of Online Shopping Impacted on the Consumer’s Attitude and Purchase Intention in Hanoi, Vietnam. Journal of Business & Economic Policy. Vol. 4, No. 4, December.

Huriartanto, Aditya, Djamhur Hamid dan Pravissi Shanti. 2015. Pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian tiket pesawat (Survei pada konsumen terminal tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 28(1) : 158-165.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kazmi, Syeda Quratulain. 2012. Consumer Perception and Buying Decisions (The Pasta Study). International Journal of Advancements in Research & Technology. Volume 1. Issue 6. November.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Kridani, Muhammad Shidiq. 2020. Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Bergabung Sebagai Anggota Dalam Bisnis Multi-Level Marketing. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 8, No.2.
Lakshmi. S. 2016. Consumer Buying Behavior Towards Online Shopping. International Journal of Research – Granthaalayah. Vol. 4. Iss. 8 : SE. 60- 65.

Lupiyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Makmur, Rakhmat. 2016. Bisnis Online. Mengenal, Memulai, dan Mengelola Bisnis Online Melalui Berbagai Media Seperti : Internet, Twitter, Facebook, Whatsapp, Line, BBM, Path, Instagram, Pinteres, dan lain-lainnya. Cetakan Pertama. Bandung : Penerbit Informatika.

Nadya, Novi. 2020. Protokol Kesehatan Penanganan Virus Corona di Indonesia. Fimela.com. 17 Mar 2020, 10:30 WIB. https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4203880/protokol-kesehatan-penanganan-virus-corona-di-indonesia. Diakses tanggal 12 Mei 2020.

Nair, Swagatha C. and Dr. S. Venkatesh. 2019. Customers’ Perception Toward Online Food Ordering System : An Empirical Study Among It Employees From Selected Companies In Technopark, Trivandrum. International ournal of Business and Administration Research Review. Vol.6. Issue.3. July-Sep. Page 32-38.

Pranita, Ellyvon dan Sri Anindiati Nursastri. 2020. Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.com. 11/05/2020,13:06 WIB. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari. Diakses tanggal 30 Mei 2020.

Rusniati dan Gusti Rina Fariany. 2016. Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Prosiding National Conference On ASBIS 2016. Politeknik Negeri Banjarmasin. 8 November 2016. 298-310

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Ed.I. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Sari, Milna dan Syaiful Akhyar. 2020. Strategi Digitalisasi Pascapandemi Covid-19, UMKM Dituntut Rambah E-Commerce. banjarmasinpost.co.id. Rabu,8 Juli 2020 19 : 04. https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/07/08/strategi-digitalisasi-pascapandemi-covid-19-umkm-dituntut-rambah-e-commerce. Diakses tanggal 15 Juli 2020.

Silva, Putri Mistia. 2017. Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 5. No. 3.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian ( Research and Development/R&D ). Cetakan Kedua. CV. Alfabeta.

Sugiyono dan Eri Wibowo. 2002. Statistika untuk Penelitian. Cetakan Kedua. Bandung : CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Ketiga. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Pers.

Wijaya, Darma. 2017. Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Perspektif. Vol. XV, No. 2, September.

Yunita, Niken Widya. 2020. Penyebab, Asal Mula, dan Pencegahan Virus Corona di Indonesia. detikNews. Sabtu, 28 Mar 2020 17:46 WIB. https://news.detik.com/berita/d-4956764/penyebab-asal-mula-dan-pencegahan-virus-corona-di-indonesia. Diakses tanggal 17 April 2020

Vaghela, Mr. Pratiksinh. 2014. A Study On Consumer Perception Towards Online Shopping. International Journal of Marketing and Technology. Vol.4, Issue 12, December 2014.

Diterbitkan

31-05-2022

Cara Mengutip

RUSNIATI, R., & AHSANUL HAQ. (2022). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 9–17. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1227