ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK WITEL KALSEL

Penulis

  • Muhammad Teguh Nuryadin Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Evi Lestari Pratiwi Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Julian Fiqri Hasany Jurusan Administrasi Poliban

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v20i2.1072

Kata Kunci:

Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel memiliki strategi tersendiri di dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, di tengah ketatnya jumlah pesaing yang juga menawarkan berbagai keunggulan-keunggulannya dalam menarik perhatian pelanggan, dimana saat ini perusahaan telekomunikasi lain banyak mengeluarkan produknya dengan berbagai penawaran yang beragam, dan tentunya dengan harga yang lebih murah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) apakah variabel relationship marketing berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel., (2) apakah variabel relationship marketing berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel, dan (3) variabel manakah dari relationship marketing yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu kuisioner, oberservasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan software SPSS for windows. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebesar 100 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing yang terdiri dari Kepercayaan , Komitmen, Komunikasi , Penanganan Masalah berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel. Variabel Kepercayaan, Komunikasi, dan Penanganan Masalah berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel. Sementara untuk variabel Komitmen tidak berpengaruh secara parsial, variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Kalsel adalah variabel Kepercayaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
2. Ndubisi, Nelson O. 2007. Relationship Marketing and Customer Loyalty. Marketing Intelligence & Planning. Vol 25. No. 1. Page 98-106.
3. Ratnawati, Christina. 2011. “Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Ngesti Waluyo Parakan”. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
4. Nakula, Wisnu Nanda. 2016. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Astra Internasional Tbk-Toyota Auto 2000 Raden Intan Bandar Lampung”. Bandarlampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.
5. Murti, Sasanti Herdina. 2013. “Pengaruh Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Katering Prima Semarang)”. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
6. Kotler & Amstrong. 2006. The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall.
7. Kotler, Philip and Keller, Kevin, Lane. 2011. Management Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
8. Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Customer Behaviour. Eight Edition. Pearson Educational International.
9. Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks Puri Media Kembangan.
10. Santoso Singgih. 2012. Statistik Parametrik. Jakarta: Elek Media Komputindo
11. Silmi, Sulhida. 2015. “Persepsi Nasabah tentang Relationship Marketing dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas (Studi pada Nasabah Tabungan Utama PT Bank Mega Syariah Cabang Malang)”. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Diterbitkan

30-11-2020

Cara Mengutip

Nuryadin, M. T., Pratiwi, E. L., & Hasany, J. F. (2020). ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK WITEL KALSEL. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 20(2), 70–73. https://doi.org/10.31961/intekna.v20i2.1072

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama