KEGAGALAN STRUKTUR DAN PENANGANANNYA

Authors

  • Joni Irawan Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Bangunan yang terdapat di Banjarmasin dan sekitarnya, umumnya menggunakan sistem panggung. Sesuai dengan peraturan daerah Kota Banjarmasin, yang mengharuskan ba-ngunan-bangunan menggunakan sistem panggung. Hal tersebut bertujuan agar kebera-daan bangunan tidak mengganggu aliran air. Apabila bangunan tersebut menggunakan sistem panggung, maka di bawah bangunan terdapat ruang yang kosong. Ruang kosong tersebut mengakibatkan kolom bawah tanpa pengaku dinding, sehingga diperlukan sloof sebagai pengaku struktur bawah. Sloof hanya berfungsi untuk menahan beban lateral yang diakibatkan oleh tekanan tanah sekitar bangunan.

Pada penelitian ini, menggunakan kasus bangunan yang retak pada dinding bangunan dengan lebar retak 2 cm.

Pengumpulan data berdasarkan hasil pengamatan langsung dan gambar rencana dari konsultan perencana.

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi bangunan, ternyata pada struktur bawah ba-ngunan tersebut tidak mengunakan sloof, serta dimensi yang terpasang mempunyai ukuran yang sangat kecil dengan konfigurasi yang tidak monolit.

Setelah mengetahui semua data yang terpasang pada bangunan, kemudian dimodelkan dengan menggunakan software komputer. Pemodelan dibuat dua macam, model asli se-suai kondisi eksisting dan model dengan beberapa alternatif penanganan. Permodelan model eksisting menunjukkan hasil bahwa displement pada bangunan atas melebihi nilai toleransi.

Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya sloof pada bangunan bawah, dimensi balok dan kolom baja yang terpasang sangat kecil, serta posisi kolom tidak sentris sampai ke bangunan bawah.

Setelah ditambahi dengan sloof dan penambahan balok serta kolom, displacement pada bangunan menjadi berkurang, masih dalam batas toleransi dan tegangan yang terjadi pada profil baja tidak overstress, tidak melebihi tegangan ijin.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Irawan, J. (2015). KEGAGALAN STRUKTUR DAN PENANGANANNYA. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 12(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/93

Issue

Section

Articles