Pengaruh Supervisi, Kemampuan Kognitif, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kemampuan Adaptasi Karyawan

Penulis

  • Supriyadi Supriyadi Dosen Program Studi Manajemen STIE STEMBI – Bandung Business School
  • Nurpalah Nurpalah Peneliti Junior STIE STEMBI – Bandung Business School

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v18i1.553

Kata Kunci:

Supervisi, Kemampuan Kognitif, Komitmen, Adaptasi

Abstrak

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses merger adalah bagaimana karyawan dapat beradaptasi dengan suasana organisasi baru hasil merger. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Supervisi, Kemampuan Kognitif, dan Komitmen Organisasi terhadap Kemampuan Adaptasi Karyawan. Desain penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan alat analisis statistic menggunakan multiple regreesion. Unit analisisnya adalah karyawan perusahaan yang dipertahankan dari sebuah proses hasil merger. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan, supervise, kemampuan kognitif dan komitmen organisasi merupakan factor penentu yang signifikan atas perubahan kemampuan adaptasi karyawan. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa secara parsial, Kemampuan Kognitif dan Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Adaptasi Karyawan. Sementara itu, supervisi tidak menunjukan adanya pengaruh yang signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, Buchari. 2013. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Aziz, Aulia Habibul. 2015. Peranan Kemampuan Bersosialisasi dan Beradaptasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Daft, Richard L. 2010. New Era of Management. Menjadi Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Kinerja. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ke tujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handono, Oki Tri dan Bashori Khoiruddin. 2013. Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan pada Santri Baru. Jurnal Fakultas Psikologi. Vol.1, No 2. Hal 1-12.
Hastuti, Heni. 2008. Kemampuan Penyesuaian Diri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Hal 1-6.
Ivancevich, John M.et al. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Katamuthu, Kanagaletchumy. 2012. Impact of Leadership Styles on Employee Adaptability in Call Center. Quantitative Study. Universitas Sains Malaysia.
Kaswan. 2017. Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Kurniawan, Agung Hudi. 2012. Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Produktif Alat Ukur Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Lora, Meysie Diyanna. 2013. Pengaruh Pendekatan Kognitif Untuk Mengurangi Stres dalam Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Ahmad Dahlan Angkatan 2013/2014. Jurnal Fakultas Psikologi. Hal 1-17
Manullang, M. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nekoranec, Jaroslave dan Nagyova. 2014. Adaptation of Employees in The Organization and Its Importance in Terms of Human Resource Management. Journal of Management and Economics. Page 1-6.
Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratcovic, Biljana dan Kostic. 2014. Impact of Organizational Socialization Towards Employees Social Adaptation. Journal of Engineering Management And Competitiveness (JEMC). Vol 4, No. 1. Page 1-7.
Robbins, Stephen P dan Coutler. 2010. Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Robbins. Stephen P dan Timothy A. Judge.2016. Organization Behaviour: menjadi Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Semiun, Yustinus. 2007. Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kanisius.
Siagian, Sondang P. 2010. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Rineka Cipta.
Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabetha

Diterbitkan

10-05-2018

Cara Mengutip

Supriyadi, S., & Nurpalah, N. (2018). Pengaruh Supervisi, Kemampuan Kognitif, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kemampuan Adaptasi Karyawan. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 18(1), 53–59. https://doi.org/10.31961/intekna.v18i1.553