Perhitungan Produktivitas Bulldozer Pada Aktivitas Dozing Di Pt. Pamapersada Nusantara Tabalong Kalimantan Selatan

  • Rezky Anisari Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Disposal, Produktivitas, Bulldozer

Abstract

Kegiatan produksi penambangan di PT. Pamapersada Nusantara diawali dengan pengupasan tanah penutup (overburden). Tanah penutup merupakan lapisan tanah yang berada menutupi lapisan bahan galian sehingga harus terlebih dahulu diangkat agar bahan galian yang diinginkan dapat mudah untuk diangkat. Dalam kegiatannya material overburden diangkut menuju area disposal untuk ditimbun dengan cara digusur menggunakan alat support bulldozer. Disposal merupakan daerah pada suatu operasi tambang terbuka yang digunakan sebagai tempat membuang material tanah penutup. Sebagai upaya mengontrol laju produksi pengisian disposal serta memenuhi plan desain kemajuan disposal, salah satunya yaitu keberhasilan kegiatan penggusuran material overburden dengan memperhitungkan seberapa besar produktivitas aktual peralatan mekanis bulldozer dapat dimanfaatkan seefektif mungkin dalam melakukan pekerjaannya.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan mengamati secara langsung, diskusi serta studi literature. Objek penelitian dilakukan yaitu alat gusur Bulldozer D155A Komatsu pada area disposal highwall PT. Pamapersada Nusantara.

Berdasarkan hasil perhitungan maka didapat produktivitas alat gusur Bulldozer D155A pada tanggal 07 Maret 2017 jam 14:15-15:15 adalah 838,16 Bcm/jam dengan ketercapaian target 69%, dan tanggal 08 Maret 2017 jam 08:30-09:30 adalah 889,60 Bcm/jam dengan ketercapaian  target 74%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesianto, Yanto. 2015. Pemindahan Tanah Mekanis. Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.
Rostiyanti, Susy Fatena. 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi, edisi kedua, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Anonim, 2001. Spesification & Application Handbook, 22th Edition. Komatsu. Japan.
Anonim, 2007. Spesification & Application Handbook, 30th Edition. Komatsu. Japan.
Anonim. 2017 . Engineering Department. PT. Pamapersada Nusantara district Adaro Indonesia. Kalimantan Selatan. Tidak dipublikasikan
Published
2018-05-10