Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin

Authors

  • Priyougie Priyougie
  • Ahsanul Haq

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.495

Keywords:

Ekspektasi Mahasiswa, Persepsi Mahasiswa, Kesenjangan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai salah satu institusi pemberi jasa di bidang pendidikan khususnya di bidang pelayanannya kepada masyarakat yang menjadi pelanggannya. Agar dapat dievaluasi mutu pelayanannya, salah satunya diteliti dengan mengukur ekspektasi dan persepsi pengguna jasa (mahasiswa) yang  diberikan berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphathy).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) gambaran ekspektasi, (2) gambaran persepsi, (3) kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi, dan (4) gambaran mutu tentang pelayanan pendidikan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.

Hasil penelitian yang menunjukkan kesenjangan (gap) terbesar antara ekspektasi dan persepsi adalah peralatan laboratorium yang modern, luas ruang perpustakaan yang memadai dan ketersediaan lapangan parkir yang memadai., sehingga masuk dalam klasifikasi kualitas buruk. Variabel yang memiliki performance dan importance di atas rata-rata, adalah hal yang berkenaan dengan kompetensi dosen (seperti penguasaan dan ketuntasan materi, kesabaran dan perhatiannya pada mahasiswa), kebijakan jurusan yang memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi mahasiswa, kepedulian jurusan terhadap aktivitas religi dan sosial mahasiswa, kepedulian jurusan terhadap bakat dan kreativitas mahasiswa, dan rasa aman mahasiswa ketika kuliah serta adanya bantuan beasiswa bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Darmawan, B. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 6(2), hlm. 93-102
Djunaidi, M, 2006. Penilaian Kualitas Jasa Pelayanan Lembaga Pendidikan, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.5, hal. 25, Surakarta.
Fandy Tjiptono. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Griffin, Ricky W. 2015. Management , 12th Edition .Boston :Cengage Learning.
Hartono,I, 2002, Analisis Tingkat Kepuasan dan Keamanan Konsumen, APJJI, Jakarta.
Hayati, N. (2007). Kepuasan Pelanggan (mahasiswa) dalam Pelayanan Pendidikan sebagai perbaikan mutu berkelanjutan dalam pendidikan tinggi. Jurnal Universitas Widyatama, hlm.1(1) 1-10
Http//www.Geocities.com//pengembangan sekolah. Sulipan TEDC, 2006.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa Bob Sabran, Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, Hamdani. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SalembaEmpat.
Nainggolan, M, 1996, Total Costumer Satisfaction, P.T. Agro Manunggal International Corporate Training Centre, Jakarta.
Parasuraman,A., ValarieA., Zeithalm, and Leonard L. Berry,1988, “SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring consumer Perceptions Of Service Quality”, Journal of Retailing, Volume 64, No1, 12-35.
Rangkuti, Freddy. 2016. Riset Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rully, I., Poppy Yaniawati. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.
Sudijono, A., 2006, Pengantar Statistik Pendidikan , Raja Grafindo Persada, Jakarta, Hal 273-327.
Suharyadi & Purwanto, 2014. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta CV.
Suliyanto, 2001, Analisis Kepuasan Pelanggan Handphone di Surabaya, Statistika FMIPA-ITS, Tidak dipublikasikan, Surabaya, 36-39.
Supranto, J, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (Untuk menaikkan Pangsa Pasar), Rineka Cipta, Jakarta, Hal 225-245.
Wahyu, A, 1999, Manajemen Kualitas, Yogyakarta, Universitas Atmajaya
Zeithaml. A. Valarie, Leonard L. Berry, and Parasuraman, A., 1988, “Communication and Control Procesess in the Delivery of Service Quality”, Journal of Marketing , volume 52, April, No 1, 35-48.
Reni, Studi Mengenai Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Nilai Pelanggan : Studi Kasus Pengguna Jasa Kesehatan pada Rumah Sakit Telogorejo Semarang (Semarang : Tesis untuk memperoleh gelar Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2007)

Published

05/31/2017

How to Cite

Priyougie, P., & Haq, A. (2017). Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 17(1), 58–68. https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.495