Evaluasi Laporan Keuangan Lembaga Amil Zakat (Laz) Poliban

  • Lusiana Handayani Staf Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Basyirah Ainun Staf Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: LAZ Poliban, Financial Statements, Sharia Financial Accounting Standard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan praktek pelaporan dan penyajian laporan keuangan yang telah dilaksanakan oleh LAZ Poliban serta menjelaskan kesesuaian penyajian laporan keuangan LAZ Poliban dengan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAK Syariah). Dengan perkembangan lembaga pengelola zakat yang semakin pesat membuat kebutuhan masyarakat akan lembaga pengelola zakat yang profesional juga menjadi semakin meningkat.

Masyarakat membutuhkan suatu sistem pencatatan yang dapat mendokumentasikan kegiatan-kegiatan dari lembaga pengelola zakat. Sehingga, kebutuhan atas akuntansi syariah juga menjadi penting di lembaga pengelola zakat. Metode Penelitian menggunakan analisis kualitatif deskriptif dimana peneltian ini berfokus pada masalah atau fakta-fakta yang terjadi saat ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LAZ Poliban telah menerapkan sistem akuntansi pokok secara memadai, akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam penyajian laporan keuangan nya. Terdapat beberapa temuan-temuan berupa kesalahan pengklasifikasian transaksi sehingga terdapat kesalahan penyajian laporan keuangan di bagian laporan posisi keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berkatullah, Haji. 2016. Rancangan Sistem Akuntansi Pokok Pada LAZ Poliban. Sksripsi. Politeknik Negeri Banjarmasin.
Forum Zakat. 2012. Cetak Biru Pengembangan Zakat Indonesia 2011-2025 :Panduan Masa Depan Zakat Indonesia. Jakarta: Forum Zakat (FOZ).
IAI, 2016. Standar Akuntansi Keuangan Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPEE.
Kholifah, Siti. 2014. Analisis Kesesuaian Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.109 Mengenai Penyajian Laporan Keuangan Dana ZIS. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Sekaran, Umar. 2006. Research Methods for Business, Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.
Sudarsono, Heri. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.
Wiroso, 2010. Akuntansi Transaksi Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Pusat Informasi dan Dokumentasi BAZNAS. 2017. Data BAZNAS dan LAZ [online]. Tersedia: http://pid.baznas.go.id/daftar-baznas-daerah-laz/ yang diakses pada 19 November 2017
Published
2017-11-30