PENDEKATAN STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI DI BANJARMASIN

Penulis

  • Kurnia Widiastuti Universitas Lambung Mangkurat

Abstrak

Secara empiris daerah bantaran sungai di kota selalu digunakan terutama oleh masyara-kat ekonomi bawah sebagai hunian, tidak terkecuali di Banjarmasin. Budaya kehidupan masyarakat banjarmasin tumbuh dan berkembang dari sungai.  Dari situ awal berdirinya rumah-rumah ”lanting” alias rumah yang berdiri di atas air. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakatnya menggantungkan kehidupannya di sungai, baik  dari transportasi, mata pencaharian, sampai mandi cuci kakus. Permasalahan selanjutnya adalah bahwa kebe-radaan rumah kumuh di bantaran sungai merupakan penyebab masalah ekologi, pence-maran, dan pendangkalan sungai yang berakibat turunnya kualitas lingkungan permu-kiman.

Tujuan penulisan ini mengarahkan pembangunan perumahan sebagai bagian suatu ling-kungan permukiman yang lebih tegas dalam rangka upaya pengendalian, pengawasan, dan pelaksanaan pembangunan permukiman di kawasan perkotaan.

Pendekatan Konsep perbaikan mutu lingkungan permukiman bantaran Sungai hendak-nya mendapat dukungan dan peran serta  dari masyarakat dan pihak-pihak terkait baik dari dana maupun ethic social nya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Widiastuti, K. (2016). PENDEKATAN STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI DI BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 10(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/245

Terbitan

Bagian

Articles