EFEKTIFITAS COMMUNITY MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KULINER DI ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1584Keywords:
Community Marketing, Strategi, Pemasaran, New NormalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Community Marketing sebagai strategi pemasaran kuliner di era new normal. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis EPIC model dan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuisioner ke 74 anggota Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Banjarmasin menggunakan simple random sampling. Hasil analisis dengan menggunakan metode EPIC model diketahui bahwa community marketing sudah efektif dalam memasarkan produk atau jasa di era new normal dan menggunakan regresi linear berganda didapatkan persamaan Y = 0,374 + 0,235X1 + 0,297X2 + 0,131X3 + 0,187X4. keempat variabel memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi, hasilnya 61,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel emphaty, persuasion, impact, dan communication sedangkan 38,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian
Downloads
References
Ghozali,Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta: Erlangga.
Kertajaya, Hermawan et.al. 2003. Marketing in Venus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kertajaya, Hermawan., dan Darwin, Waizly. 2010. Connect Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kertajaya, Hermawan. 2009. New Wave Marketing: The World is Still Round The Market is Already Flat. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Komariah, Nur. 2016. "Efektivitas Komunikasi Pemasaran pada Makanan Jajanan (Street Food) Waroeng Taman, Bogor", Skripsi, Bandung: Fakultas Ekologi Manusia.
Yuswohady. 2008. CROWD Marketing Becomes Horizontal. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Agustina, Lidya, "Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Olahan Pertanian Institut Pertanian Bogor di Serambi Botani, Mal Gandaria City", Skripsi, Bandung: Fakultas Ekologi Manusia, 2013.
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.