SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN BERBASIS WEB PADA PERUSAHAAN INKINDO PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Ramadhani Noor Pratama Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Risdayanti Risdayanti Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nur Fadiah Diniaty Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1571

Keywords:

Sistem Informasi Penggajian, Metode Waterfall, INKINDO

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Perusahaan INKINDO Provinsi Kalimantan Selatan, perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa konsultan. Dalam penelitian ini membuat sebuah aplikasi Sistem Informasi Penggajian Karyawan. Dengan proses pengolahan data yang masih manual dengan menggunakan program bantu MS.Excel hal ini menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan gaji karyawan dan proses cetak slip gaji yang memakan waktu yang lama. Selain itu dalam sistem pengarsipan data penggajian karyawan pada komputer dapat mengakibatkan data hilang dan duplikasi data, begitu juga tempat penyimpanan data atau arsip pada bagian keuangan sangat terbatas jika dilakukan pengarsian manual berupa kertas-kertas laporan manual, sehingga dalam pengolahan data penggajian karyawan dirasa kurang baik. Hasil dari perancangan ini adalah sistem informasi penggajian karyawan berbasis web yang terkomputerisasi serta praktis digunakan dikarenakan tampilan user interfacenya yang sangat mudah dimengerti dan simple. Sistem Informasi Penggajian ini dapat membantu meminimalisir kesalahan dalam memproses perhitungan gaji karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern : Yogyakarta.

Azhar Susanto dan La Midjan. 2007. Sistem Informasi Akuntansi I. Lingga Jaya. Jakarta.

Firdaus, S.Kom, M.Kom, F. 2014. Sistem Informasi Akademik ( sia ) Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Cendana Padang Panjang Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Yang Berbasiskan Object Oriented Programming ( OOP ) ( Studi Kasus SMK Cendana Padang Panjang ). Jurnal. KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer. Padang.

Ghiffary, Muhammad Naufal El, Tonny Dwi Susanto dan Anisah Herdiyanti. 2018. Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Pengguna. Jurnal. Teknik ITS.

Griffiths, Adam. 2010. Codeigniter 1.7 Professional Development. Birmingham : Packt Publising.

Gustina, Rina dan Henny Leidiyana. 2020. Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Jurnal. Program Studi Teknik Informatika. STMIK Nusa Mandiri. Jakarta Pusat.

Hamdani, Dani. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pegwai dan Penggajan Pegawai. Jurnal. Program Studi Sistem Informasi. Universitas Widyatama. Bandung.

INKINDO. Tentang Perusahaan [Online]. Tersedia:https://www.inkindo.org/ [16 Februari 2021].

Khotijah, Siti. 2016. Desain Database Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal. Fakultas Teknik, Universitas Indraprasta PGRI.

Mania, Miki.dkk. 2016. Sistem Informasi Penggajian Karyawan Mitra Karya Prima di Pembangkit Listrik Tenaga Uap 2 Pacitan. Jurnal. Universitas Surakarta.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika : Bandung.

Rahmawati, Nurul Alifah dan Arif Cahyo Bachtiar. 2018. Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Jurnal. Ugm. Yogyakarta.

Saputra, Dedi, S.Pd, M.Kom. 2020. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi : Pontianak.

Sari, Lia Kumala dan Jaka Permadi. 2018. Aplikasi Penggajian Berbasis Web PT.Tirta Sukses Perkasa. Jurnal. Teknik Informatika. Politeknik Negeri Tanah Laut. Pelaihari.

Silvana, Meza, Dkk. 2015. Analisis Proses Bisnis Sistem Pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas Kantor Regional II PT.Pos Indonesia. TEKNOSI , Vol. 01, No. 01.

Sumantri, Faithly Kevin Ridge dan Hans F. Wowor.,Arie S. M. Lumenta. 2016. Sistem Informasi Anggota Jemaat GMIM Bethesda Ranotama Menggunakan Framework CodeIgniter. Jurnal. Teknik Elektro dan Komputer”.

Sayidah, Nur.2018. Metodelogi Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya dalam Penelitian. Zitama Jawara : Sidoarjo.

Wetherbe, James. (2012). “PIECES Analysis”.

Yuninsyah, Faisal. 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Pemesanan Menu Cafe atau Restoran Berbasis J2ME. Jurnal. Teknik Informatika.

Downloads

Published

11/30/2022

How to Cite

Noor Pratama, R., Risdayanti, R., & Fadiah Diniaty, N. (2022). SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN BERBASIS WEB PADA PERUSAHAAN INKINDO PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 22(02), 76–94. https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1571