PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. AGRO AFIAT NUSANTARA

Penulis

  • Riswan Yunida Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Teguh Nuryadin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Amaliana Puteri Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1550

Kata Kunci:

Pengalaman Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstrak

  1. Agro Afiat Nusantara adalah salah satu perusahaan distributor yang bergerak dalam bidang penjualan, pendistribusian pupuk non subsidi, penyediaan jasa angkutan dan penyewaan gudang. PT. Agro Afiat Nusantara ini menyediakan kebutuhan pupuk Kalimantan Selatan dan Tengah, khususnya untuk kebutuhan perkebunan dan industri sejak tahun 2008. Saat ini PT. Agro Afiat Nusantara memiliki karyawan sebanyak 41 orang. Karyawan PT. Agro Afiat Nusantara berlatar belakang pendidikan yang berbeda – beda, mulai dari lulusan SMK, D3, S1, dan S2. Oleh karena itu, berkembangnya PT. Agro Afiat Nusantara tidak lepas dari pengalaman – pengalaman kerja para karyawan dan sikap disiplin kerja yang dimiliki oleh karyawannya.

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengalaman kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Agro Afiat Nusantara. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengalaman kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhafap kinerja karyawan pada PT. Agro Afiat Nusantara. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel manakah dari pengalaman kerja dan disiplin kerja yang berpengaruh signifikan paling dominan terhadap kinerja karyawan pada PT. Agro Afiat Nusantara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan 41 responden karyawan PT. Agro Afiat Nusantara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan softwere SPSS for Windows. Dan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara.

Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Variabel bebas yaitu pengalaman kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) secara simultan memengaruhi kinerja karyawan (Y) sebesar 55,4%, sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. (2) Variabel pengalaman kerja (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan (Y) dan variabel disiplin kerja (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan (Y). (3) Variabel disiplin kerja (X2) memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai r² yang paling besar yaitu 0,469 atau 46,9%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, S. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kumala Indonesia Shipyard. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 4 No 1, Januari 2021, 719-730.

Anggoro, S. W. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Dan Gaji Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indo Gula Pastika Sragen .

Desilia Purnama Dewi, H. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia

(1st ed.). (E. Junaedi, Ed.) Tanggerang Selatan: UNPAM PRESS.

Dr. Meithiana Indrasari, S. M. (2017). KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Indomedia Pustaka .

Dr.Ir. Benjamin Bukit, M. D. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Zahir Publising.

Drs. H. Sofyan Tsauri, M. (2013). MSDM Manajemen Sumber Daya Manusia. (M. ,. Drs. Ahmad Mutohar, Ed.) STAIN Jember Press.

Drs. Sofyan Tsauri, M. (2014). MANAJEMEN KINERJA (Performance Management). (M. Khamdan Rifa’I, Ed.) STAIN Jember Press .

DS, V. A. (2017). PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. BINTANG UTAMA SEMARANG BAGIAN BODY REPAIR .

Haedar, D. A. (2020). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perumda PAM Tirta Mangkaluku Kota Palopo.

Marbawi Adamy, S. M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Unimal Press.

Novia Ruth Silaen, S. R. (2021). KINERJA KARYAWAN. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Simanjuntak, M. B. (2021). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT AMTEK ENGINEERING BATAM .

Soniya. (2020). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PEGAWAIMOMCLAY).

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. (S. M. Setiyawami, Ed.) Bandung: Alfabeta.

Suwarno, R. A. (2018). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Niaga Sejahtera Kota Lubuklinggau.

Zainal. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA KANTOR KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI. 84 e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 6, Juni 2016 hlm 83-90 .

Diterbitkan

30-11-2022

Cara Mengutip

Yunida, R., Nuryadin, M. T., & Puteri, A. (2022). PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. AGRO AFIAT NUSANTARA. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(02), 103–107. https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1550

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama