Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Jalan Trans Kalimantan (Km 5 - Km 28) Kabupaten Barito Kuala

Penulis

  • Utami Sylvia Lestari Universitas Lambung Mangkurat
  • Chiska Ariyani Sitinjak Program Studi Teknik Sipil, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1424

Kata Kunci:

Daerah Rawan Kecelakaan, Penanganan Kecelakaan, UCL (Upper Control Limit)

Abstrak

Jalan Trans Kalimantan Kabupaten Barito Kuala yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah mempunyai peranan penting dalam aktivitas transportasi masyarakat, akan tetapi ruas jalan ini memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan analisis untuk mengetahui lokasi serta penyebab terjadinya kecelakaan agar dapat memberikan strategi penanganan pada lokasi rawan kecelakaan. Analisis dilakukan dengan menghitung tingkat kefatalan (TF) dan nilai UCL (Upper Control Limit) setiap ruas jalan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 7 daerah rawan kecelakaan (blacksite), dimana ruas Jl. Trans Kalimantan km 18 – km 19 tercatat memiliki tingkat kefatalan tertinggi dengan nilai TF = 322,28 dan UCL = 176,14. Selain itu terdapat 28 titik rawan kecelakaan (blackspot), dimana ruas Jl. Trans Kalimantan km 18 – km 18,25 tercatat memiliki tingkat kefatalan tertinggi dengan nilai TF = 1289,11 dan UCL = 208,80. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecelakaan pada lokasi rawan kecelakaan adalah dengan melengkapi jalan dengan fasilitas yang memadai serta mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas agar senantiasa berhati-hati dalam berkendara.

Kata Kunci: Daerah Rawan Kecelakaan, Penanganan Kecelakaan, UCL (Upper Control Limit).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-11-2022

Cara Mengutip

Lestari, U. S., & Sitinjak, C. A. (2022). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Jalan Trans Kalimantan (Km 5 - Km 28) Kabupaten Barito Kuala. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(02), 147–162. https://doi.org/10.31961/intekna.v22i02.1424