EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH STATISTIK DESKRIPTIF DI PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Penulis

  • Ahsanul Haq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Priyougie Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstrak

Ringkasan

          Pembelajaran daring memiliki sisi positif dan sisi negatif yang saling beriringan. Hal ini nantinya akan membawa konsekuensi seberapa efektifkah pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini. Berdasarkan masalah tersebut di atas penulis tertarik untuk meneliti bagaimana Efektifitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Statistik Deskriptif di Prodi Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.

Analisis deskriptif data hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata hasil pretest dan rata-rata hasil posttest didapatkan rata-rata hasil posttest mengalami peningkatan. Begitu juga dengan nilai maksimum maupun nilai minimumnya. Artinya rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah diberikan pembelajaran daring terjadi peningkatan dari sebelumnya. Hasil Uji Normalitas dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test didapat bahwa data rata-rata pretest dan rata-rata posttest di atas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogen dari data rata-rata pretest dan rata-rata posttest dengan Test of Homogeneity of Variances didapat bahwa varian dari kedua populasi data tersebut adalah sama (homogen).

Hasil uji beda data rata-rata pretest dan rata-rata posttest dengan Paired Samples Test menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Terakhir untuk mengetahui efektifitas menggunakan metode daring dan setelah menggunakan metode daring dalam pembelajaran statistika deskriptif digunakan N-Gain Score dan didapatkan hasil presentasenya sebesar 17,33%. Berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain, persentase sebesar itu menunjukkan hasil tidak efektif. Artinya pembelajaran mata kuliah statistik deskriptif kepada mahasiswa Prodi Komputerisasi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin dengan metode daring tidak efektif.

 

Kata Kunci : Efektifitas, Daring, Hasil Belajar, Statistik Deskriptif

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hake, R.R., 1999. “Analyzing Change / Gain Scores”. Dept. of Physics, Indiana University.

Husama, dkk., 2018, “Belajar dan Pembelajaran”. Malang: UNMUH Malang.

Mandagi dan Degeng.2019. “Model dan Rancangan Pembelajaran”. Malang: CV, Seribu Bintang.

Mendikbud RI. “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020”.

Pohan, Albert Effendi. 2020. “Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah”. Purwodadi: CV. Sarana Untung.

Rusman. 2014. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Santoso, dkk., 2020. “Mengemas Materi Online Learning”, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. “Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya”. Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Diterbitkan

31-05-2022

Cara Mengutip

Ahsanul Haq, & Priyougie. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH STATISTIK DESKRIPTIF DI PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 46–50. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1282