EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH STATISTIK DESKRIPTIF DI PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Authors

  • Ahsanul Haq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Priyougie Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Statistik Deskriptif di Prodi Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi D3 Komputerisasi Akuntansi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin yang berjumlah 45.

Sebelum dilakukan analisis data diadakan pretest di setiap pokok bahasan mata kuliah yang akan disajikan secara daring. Kemudian dilaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring dengan durasi waktu sekitar 60 menit dan dilakukan posttest. Untuk analisis data, dilakukan analisis deskriptif, kemudian uji normalitas untuk menilai sebaran data pada sebuah kelompok data atau variabel, kemudian uji homogenitas untuk mengetahui varian dari beberapa populasi dan uji beda yaitu untuk menguji apakah terdapat perbedaan yg signifikan antara rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Jika terdapat perbedaan, maka dilanjutkan dengan uji efektivitas menggunakan skor Gain untuk mengetahui efektivitas pembelajaran.

Dari hasil analisis deskriptif didapatkan rata-rata hasil posttest mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil pretest. Begitu juga dengan nilai maksimum maupun nilai minimumnya. Artinya rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah diberikan pembelajaran daring terjadi peningkatan dari sebelumnya. Hasil Uji Normalitas menunjukkan bahwa data rata-rata pretest dan rata-rata posttest di atas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogen dari data rata-rata pretest dan rata-rata posttest menunjukkan bahwa varian dari kedua populasi data tersebut adalah sama (homogen).

Hasil uji beda data rata-rata pretest dan rata-rata posttest menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Terakhir untuk mengetahui efektifitas menggunakan metode daring dan setelah menggunakan metode daring dalam pembelajaran statistika deskriptif digunakan N-Gain Score dan didapatkan hasil presentasenya sebesar 17,33%. Berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain, persentase sebesar itu menunjukkan hasil tidak efektif. Artinya pembelajaran mata kuliah statistik deskriptif kepada mahasiswa Prodi Komputerisasi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin dengan metode daring tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hake, R.R., 1999. “Analyzing Change / Gain Scores”. Dept. of Physics, Indiana University.

Husama, dkk., 2018, “Belajar dan Pembelajaran”. Malang: UNMUH Malang.

Mandagi dan Degeng.2019. “Model dan Rancangan Pembelajaran”. Malang: CV, Seribu Bintang.

Mendikbud RI. “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020”.

Pohan, Albert Effendi. 2020. “Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah”. Purwodadi: CV. Sarana Untung.

Rusman. 2014. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Santoso, dkk., 2020. “Mengemas Materi Online Learning”, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. “Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya”. Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Published

05/31/2022

How to Cite

Ahsanul Haq, & Priyougie. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH STATISTIK DESKRIPTIF DI PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01), 46–50. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/1282