PEMETAAN LAHAN DAN GEDUNG PONDOK PESANTREN AL-IHSAN BENTOK DENGAN MENGGUNAKAN FOTO UDARA (UAV) DESA BENTOK KAMPUNG

Main Article Content

Faris Ade Irawan Arif Eko Wibawanto Henyningtyas Suhel Dewi Nur Indah Sari

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ihsan Bentok di Desa Bentok Kampung Kecamtan Bat-Bati Kabupaten Tanah Laut merupakan cabang dari Pondok Pesantren Al-Ihsan Tahfizh yang ada di Banjarmasin, Pada akhir Tahun 2003, jumlah santri di Pondok Pesantren Banjarmasin tercatat mencapai 80-an orang.  Maka sekitar tahun 2003 itu mulai didirikan cabang Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an di daerah-daerah. Sebagai Pondok Pesantren Tahfizh yang baru didirikan, terdapat beberpa permasalahan yang dihadapi salah satunya adalah perlunya peta batas wilayah atau lahan dan suatu inventori aset yang sah, jelas, tegas dan tidak ada sengketa. Sehingga perlu kiranya Perangkat pengurus Pondok Pesantren Al-Ihsan tersebut memiliki peta inventaris batas wilayah atau lahan dan aset yang sesuai dengan keadaan eksisiting (batas patok yang sudah diberikan). Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka tridharma perguruan tinggi 2019, Program Studi DIII Teknik Geodesi berkeinginan untuk membuat suatu Pemetaan Lahan Dan Gedung Pondok Pesantren Al-Ihsan Bentok Dengan Menggunakan Foto Udara (UAV) Desa Bentok Kampung. Penggunaan wahana drone (UAV) yang menghasilkan foto udara nantinya digunakan sebagai dasar untuk pembuatan peta yang informatif dan jelas.


 


 


 

Article Details

How to Cite
IRAWAN, Faris Ade et al. PEMETAAN LAHAN DAN GEDUNG PONDOK PESANTREN AL-IHSAN BENTOK DENGAN MENGGUNAKAN FOTO UDARA (UAV) DESA BENTOK KAMPUNG. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 66 - 75, feb. 2021. ISSN 2655-8181. Available at: <https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/985>. Date accessed: 05 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v3i1.985.
Section
Articles

References

Gularso, H., Subiyanto, S., & Sabri, L. M. (2013). Tinjauan Pemotretan Udara Format Kecil Menggunakan Pesawat ModelSkywalker 1680 (Studi Kasus: Area Sekitar Kampus UNDIP). Jurnal Geodesi Undip.

Alfeno, S., & Devi, R. E. C. (2017). Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabe. Jurnal Sisfotek Global.

Agustin, W. (2015). Kajian Perbandingan Kalibrasi Kamera Pada Media Orthofoto In The Flight Calibration Dan On Laboratory Calibration (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang)

Prayogo, I. P. H., Manoppo, F. J., & Lefrandt, L. I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Unmanned Aerial Vehicle (Uav) Quadcopter Dalam Pemetaan Digital (Fotogrametri) Menggunakan Kerangka Ground Control Point (Gcp). Jurnal Ilmiah Media Engineering.

Adi, A. P., Prasetyo, Y., & Yuwono, B. D. (2017). Pengujian akurasi dan ketelitian planimetrik pada pemetaan bidang tanah pemukiman skala besar menggunakan wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Jurnal Geodesi Undip, 6(1), 208-217

Kertanegara, U., Nugraha, A. L., & Sudarsono, B. (2013). Peninjauan Secara Kartografis Dalam Pembuatan Peta Kampus Universitas Diponegoro. Jurnal Geodesi Undip

Julzarika, A. (2010). Pemodelan 3D Pulau Batu Mandi menggunakan digital elevation model (DEM) turunan digital surface model (DSM) shuttle radar tophography mission (SRTM) 90 dengan interpolasi cokriging. Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital