Penerapan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Perkembangan Balita Berbasis Android

Main Article Content

Ai Musrifah Neng Intan Purnama Sutono Sutono

Abstract

ABSTRAK

KMS (Kartu Menuju Sehat) merupakan kartu untuk melihat perkembangan balita yang dapat dipantau dengan menimbang berat badan Balita di posyandu, dimana secara kontinyu hasil penimbangan ditulis dalam KSM supaya setiap orang tua dapat melihat perkembangan balitanya. KMS bertujuan untuk memudahkan bagian petugas kesehatan dan orang tua memantau pertumbuhan balita, menemukan gejala-gejala gangguan pertumbuhan sedini mungkin, sarana untuk memberikan penyuluhan, sehingga pihak Posyandu maupun Puskesmas mudah dalam mengambil keputusan perkembangan balita meliputi status gizi balita. Sesuai dengan perkembangan teknologi, kemudahan mendapatkan informasi dapat lebih cepat dan akurat dengan menggunakan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis android yang dapat memudahkan para orangtua dan petugas kesehatan posyandu dalam mengambil keputusan terhadap informasi mengenai perkembangan balita seperti info mengenai perawatannya, penyakitnya, serta pertumbuhan tinggi dan berat badan balitannya, dan lain-lain yang berkaitan dengan perkembangan balita. Aplikasi yang diterapkan bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menunjang penyajian informasi mengenai data perkembangan balita, konsultasi, reminder, dan Informasi seputar balita.


Kata kunci : Android, Perkembangan Balita, Sistem pendukung keputusan.


 

Article Details

How to Cite
MUSRIFAH, Ai; PURNAMA, Neng Intan; SUTONO, Sutono. Penerapan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Perkembangan Balita Berbasis Android. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 80 - 90, aug. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/936>. Date accessed: 30 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.936.
Section
Articles

References

Jacquin, AP., dan Shamseldin, A.Y, (2009). Review of the application on fuzzy interence in river flow forecasting. Jurnal of Hydroinformatics IWA Publishing.
K. C. Laudon, (2007). Sistem Informasi Manajemen. Palgrave: Basingstoke.
Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta
Lotfi A. Zadeh, (1965). Fuzzy Set. “Fuzzy Sets”. Information and Control.
Safaat H, Nazrudin, (2000). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung. Informatik.
Soekirman, (2000). Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan
Soetjiningsih, (2008). Tumbuh kembang anak. Jakarta
Turban, J. E, (2001). Decision Support Systems and Intelligent Systems. NJ: Prentice Hall.
Wawancara dengan Bidan, tanggal 15 September 2019 di Posyandu Sekar Arum, jam 11.00 sd selesai