Pengembangan Dan Pelatihan Penggunaan E-Learning Pada SMPN 7 Banjarmasin

Main Article Content

Joni Riadi Wanvy Arifha Saputra Saberan Saberan Yoenie Indrasary

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMPN 7 Banjarmasin.  Berdasarkan survey lapangan, di SMPN 7 Banjarmasin untuk proses kegiatan belajar mengajar sepenuhnya menggunakan metode manual dan belum memiliki e-learning sekolah. Pemanfaatan metode manual sepenuhnya tersebut dapat ditingkatkan dengan penambahan e-learning sebagai sarana kegiatan belajar mengajar yang efektif. E-learning yang dibangun guna mengakomodasi guru dalam memberikan kebutuhan belajar pada siswa.  Kebutuhan belajar tersebut seperti bahan belajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, efisien dalam penyimpanan bahan ajar dan tugas, dan praktis pada penggunaannya. Target dan luaran yang dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ada 3 yaitu Pembuatan website sekolah dapat mengakomodasi profil sekolah secara online, Pembuatan E-learning mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Dan Pembuatan Jurnal pengabdian IMPACT sebagai laporan kegiatan pengabdian yang dapat diakses publik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 07 September 2019 di ruangan Laboratorium Komputer dengan dihadiri dosen sejumlah 4 orang, mahasiswa 3 orang, dan peserta 27 orang. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat guna warga sekolah dalam mengakses bahan ajar dengan mudah, efisien serta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa mengenal jarak dan waktu.

Article Details

How to Cite
RIADI, Joni et al. Pengembangan Dan Pelatihan Penggunaan E-Learning Pada SMPN 7 Banjarmasin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 112 - 118, aug. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/852>. Date accessed: 30 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.852.
Section
Articles

References

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002
Chandrawati, Rahayu. S., 2010, Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, No.2, Vol.8, Jurnal Universitas Pertahanan.
Fathansyah, 1999, Basis Data, Informatika Bandung, Bandung.
Kurniawan, Yahya, 2004, Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySQL, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Nursalam dan Ferry Efendi, 2008, Pendidikan dalam Keperawatan, Jakarta:Salemba Medika
Purba S. D., Sopyan A., Hartono., 2006, Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Materi Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Sains Fisika SMP, Jurnal Pend. Fisika Indonesia, Vol.4, No.2