Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Pangan Di Kota Banjarmasin

Authors

  • Nurul Qalbiah Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nurul Mukhlisah Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Julkawait Julkawait Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Widya Ais Sahla Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.843

Keywords:

Laporan Keuangan, SAK, EMKM, UMKM Pangan

Abstract

Jumlah UMKM di Banjarmasin pada tahun 2016 mencapai 33.781 unit dan tahun 2017 mencapai 36.781 unit dengan peningkatan 8,16%,, jumlah itu sekitar 5 persen dari penduduk dan sebagian besar dari jumlah UMKM didominasi oleh usaha pada sektor mikro khususnya pangan. Hal ini seharusnya menunjukkan kontribusi yang cukup besar. Namun jumlah UKM yang cukup besar tersebut kurang produktif dan masih kurang dari segi kualitas atau kreativitas. Dalam hal ini UMKM mempunyai beberapa kendala, salah satunya ialah belum menyusun laporan keuangan dan menyusun laporan keuangan namun belum sesuai standar akuntansi di Indonesia yang berlaku umum yaitu SAK EMKM. Kelemahan UKM dalam penyusunan laporan keuangan itu antara lain disebabkan rendahnya pendidikan dan kurangnya pemahaman terhadap Standar Akuntansi Keuangan (SAK) khususnya SAK EMKM.

Permasalahan ini disebabkan oleh karena mereka merasa kesulitan dalam menyusun laporan keuangan meskipun dalam bentuk sederhana, padahal menurut peraturan yang telah dikeluarkan, sejak 1 Januari 2018 UMKM seharusnya membuat laporan keuangan pada setiap periode.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini telah dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 dengan dihadiri oleh 28 orang peserta pengusaha UMKM di Kota Banjarmasin. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dengan memberikan materi tentang penyusunan laporan keuangan serta latihan/praktik penyusunan laporan keuangan berupa kasus Akuntansi UKM Brownies  berdasarkan SAK EMKM. Hasil dari kegiatan ini, sebagian besar peserta memiliki pemahaman yang memadai mengenai pencatatan Akuntansi sederhana.

Luaran yang dihasilkan pada pengabdian kepada masyarakat ini yaitu publikasi pada jurnal IMPACT Poliban.

 

 

Kata Kunci: Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKM Pangan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan, 2018. Rakornas Bidang KUMKM, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-08-12

Issue

Section

Articles