Coaching Proses Pembentukan Koperasi Syariah Dan Penyusunan Laporan Keuangan

Main Article Content

Basyirah Ainun Lusiana Handayani Manik Mutiara Sadewa Andriani Andriani

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir terdapat beberapa koperasi yang beroperasi secara konvensional melakukan kajian untuk beroperasi sesuai syariah. Mereka bermaksud untuk melakukan transisi operasional dari koperasi konvensional menjadi koperasi yang berprinsip syariah. Proses transisi ini bagi pengurus koperasi bukan sesuatu yang mudah. Ada beberapa alasan yang mendasarinya seperti pengurus belum memahami bagaimana proses legalisasi koperasi agar mendapatkan ijin usaha berbasis syariah, belum memahami bagaimana membuat AD/ART, dan bagaimana membuat laporan keuangan sederhana untuk koperasi syariah. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut dilakukan  pendampingan secara kontinyu untuk memulai proses transisi ke koperasi yang berprinsip syariah. Model yang digunakan sebagai contoh dalam kegiatan ini adalah Koperasi Syariah Madani yang telah memiliki sistem organisasi yang lebih memadai dan telah diakui oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari pendampingan pengurusan aspek legalitas, penyusunan sistem akuntansi pokok, pembuatan laporan keuangan sederhana untuk koperasi syariah, dan pelaporan serta aspek lainnya yang terkait. Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu pengelola koperasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi syariah. Pihak koperasi mitra sangat terbantu dengan kegiatan ini dan pada pertengahan tahun 2019 mereka telah melakukan Rapat Anggota Tahunan dan menyepakati beberapa hal terkait manajemen pengelolaan koperasi berbasis syariah dengan memulai melakukan pengurusan legalitas koperasi.


Kata kunci: Legalitas, Sistem Akuntansi, Laporan Keuangan, Koperasi Syariah

Article Details

How to Cite
AINUN, Basyirah et al. Coaching Proses Pembentukan Koperasi Syariah Dan Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 131 - 138, aug. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/840>. Date accessed: 26 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.840.
Section
Articles

References

AD/ART Koperasi Syariah Amanah Dana Insani. 2005.

Banjarmasin Post, Tak Bisa Cicil Pinjaman dari Pemerintah : Ratusan Koperasi di Banjarmasin Bermasalah, 12 Mei 2018

Dewan Standar Akuntansi Syariah.2017. Standar Akuntansi Keuangan Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kementrian Koperasi dan UMKM. 2007. Standar Operasional Prosedur KJKS dan UJKS.Jakarta.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, 2019. Koperasi Syariah Amanah Dana Insani (MADANI) Untuk Tahun Buku 2018.

Modul Akuntansi Koperasi Syariah, 2013. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia

Pristiyanto, Mochammad Hasjim Bintoro dan Soewarno Tjokro Soekarto. 2013. “Strategi Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Dalam Pembiayaan Usaha Mikro di Kecamatan Tanjung, Sumedang”. IKM vol 8 Nomor 1.”