Pengembangan dan Pelatihan Penggunaan e-Learning Pada MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.633Keywords:
e-learning, sekolah, pemanfaatan teknologiAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin. Berdasarkan survey lapangan, di MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin untuk proses kegiatan belajar mengajar sepenuhnya menggunakan metode manual dan belum memiliki e-learning sekolah. Pemanfaatan metode manual sepenuhnya tersebut dapat ditingkatkan dengan penambahan e-learning sebagai sarana kegiatan belajar mengajar yang efektif. E-learning yang dibangun guna mengakomodasi guru dalam memberikan kebutuhan belajar pada siswa. Kebutuhan belajar tersebut seperti bahan belajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, efisien dalam penyimpanan bahan ajar dan tugas, dan praktis pada penggunaannya. Target yang hendak dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar sekolah dapat memiliki e-learning sekolah untuk mengakomodasi guru dalam manajemen kebutuhan belajar dan mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan bermanfaat guna warga sekolah dapat mengakses bahan ajar dengan mudah, efisien serta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa mengenal jarak dan waktu.
Downloads
References
Chandrawati, Rahayu. S., 2010, Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, No.2, Vol.8, Jurnal Universitas Pertahanan.
Fathansyah, 1999, Basis Data, Informatika Bandung, Bandung.
Kurniawan, Yahya, 2004, Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySQL, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Nursalam dan Ferry Efendi, 2008, Pendidikan dalam Keperawatan, Jakarta:Salemba Medika
Purba S. D., Sopyan A., Hartono., 2006, Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Materi Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Sains Fisika SMP, Jurnal Pend. Fisika Indonesia, Vol.4, No.2