Pengembangan dan Pelatihan Penggunaan e-Learning Pada MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin

Authors

  • Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Joni Riadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ida Hastuti Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yoenie Indrasary Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.633

Keywords:

e-learning, sekolah, pemanfaatan teknologi

Abstract

   

 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin. Berdasarkan survey lapangan, di MTS Muhammadiyah 3 Al-Furqon Banjarmasin untuk proses kegiatan belajar mengajar sepenuhnya menggunakan metode manual dan belum memiliki e-learning sekolah. Pemanfaatan metode manual sepenuhnya tersebut dapat ditingkatkan dengan penambahan e-learning sebagai sarana kegiatan belajar mengajar yang efektif. E-learning yang dibangun guna mengakomodasi guru dalam memberikan kebutuhan belajar pada siswa.  Kebutuhan belajar tersebut seperti bahan belajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, efisien dalam penyimpanan bahan ajar dan tugas, dan praktis pada penggunaannya. Target yang hendak dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar sekolah dapat memiliki e-learning sekolah untuk mengakomodasi guru dalam manajemen kebutuhan belajar dan mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan bermanfaat guna warga sekolah dapat mengakses bahan ajar dengan mudah, efisien serta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka berada tanpa mengenal jarak dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002
Chandrawati, Rahayu. S., 2010, Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, No.2, Vol.8, Jurnal Universitas Pertahanan.
Fathansyah, 1999, Basis Data, Informatika Bandung, Bandung.
Kurniawan, Yahya, 2004, Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySQL, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Nursalam dan Ferry Efendi, 2008, Pendidikan dalam Keperawatan, Jakarta:Salemba Medika
Purba S. D., Sopyan A., Hartono., 2006, Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Materi Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Sains Fisika SMP, Jurnal Pend. Fisika Indonesia, Vol.4, No.2

Published

2019-01-03

Issue

Section

Articles