PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA KELOMPOK PENGRAJIN PEMULA SASIRANGAN DESA SEI JINGAH

Authors

  • Ayu Ahadi Ningrum Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Finki Dona Marleny Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rudy Ansari Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Windarsyah Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Kamaruddin Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mukhaimy Gazali Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Nahdi Saubari Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ihdalhubbi Maulida Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v5i1.1482

Keywords:

Digital Marketing, Pengrajin, UMKM, Sasirangan

Abstract

Sasirangan merupakan kain khas Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pasar yang sangat bagus. Ratusan industri perajin sasirangan dari industri rumah tangga, skala mikro dan makro sudah mulai berkembang di Kalimantan Selatan dengan total omzet ratusan juta per bulan. Pesatnya perkembangan industri ini juga berbanding lurus dengan persaingan di pasar kain khusus Banua yang juga semakin ketat. Kegiatan pengabdian masyarakat pelatihan pemasaran digital ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pemasaran produk berbasis teknologi dan keterampilan menggunakan teknologi kepada pengrajin sasirangan pemula. Peserta yang terlibat dalam pelatihan pengabdian masyarakat digital marketing ini terdiri dari 15 orang yang merupakan pengrajin kain sasirangan di Desa Sasirangan, Sei Jingah Banjarmasin. Materi dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi bagi Pengrajin Sasirangan di Desa Sei Jingah melalui pelatihan digital marketing antara lain: 1) Menumbuhkan jiwa wirausaha dan memberikan inspirasi kesuksesan bisnis online, 2) Sharing session, 3) Pelatihan digital marketing (melalui sosialisasi media dan e-commerce).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, Zamrudi, Z., & Hairul. (2019, April). Mempersiapkan Bisnis Online Bagi Produk Sasirangan Di Keluraham Sungai Mesa Kota Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 4.

Claudia, M., Anisah, H. U., & Yulianti , R. (2019, April). PKM Peningkatan Kemampuan “Pemasaran Online” Bagi Komunitas Perempuan Di Rumah Kreatif Banjarmasin. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Lambung Mangkura, 1.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018, Desember). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1.

Gumilang, R. R. (2019, Maret). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10.

Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021, Juni). Strategi Marketing Belah DOeren Memalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7.

Huda, F., & Sukadiono. (2021, November). Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.

Jumriani. (2018, April). Kegiatan Produksi dan Distribusi Di Kampung Sasirangan . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPS, 1.

Muttalib, A., Sibawai, A., & Siwi, I. (2021). Pelatihan DIgital Marketing Pada Pengrajin Tenun Sepongkor Pringgasela Selatan. Abdinesia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1.

Nugraheni, E. Y., & Rahmattullah, M. (2021, MEI). Peningkatan Literasi Digital Dan Inovasi Produk Sasirangan Bagi Ibu-ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadi, M. A. (2020, Agustus). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.

Downloads

Published

2024-02-05