PENGELOLAAN SALURAN DRAINASE DI LINGKUNGAN MASJID ARAFAH JL. DHARMA PRAJA BANJARMASIN

PENGELOLAAN SALURAN DRAINASE DI LINGKUNGAN MASJID ARAFAH JL. DHARMA PRAJA BANJARMASIN

Authors

  • Ahmad Norhadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Akhmad Marzuki Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Surat Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v5i1.1481

Keywords:

Saluran, Drainase, Pengelolaan

Abstract

Drainase merupakan prasarana yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman. Pengeloaan drainase yang baik juga sebaiknya di terapkan pada lingkungan Masjid Arafah Jalan Dharma Praja Banjarmasin. Kondisi saluran drainase yang memiliki berbagai masalah seperti, saluran yang terdapat sedimentasi, tersumbat, tergenang dan tertutup halaman. Apabila turun hujan air akan menggenang di sebagian halaman masjid.

Genangan air yang disebabkan kurang maksimalnya fungsi saluran drainase, mengakibatkan terganggunya kenyamanan pengguna jalan dan kegiatan ibadah para jamaah masjid. Hal ini harus segera cepat di tangani dan di butuhkan Bantuan Teknis dari Tim Ahli untuk melaksanakan Pengelolaan saluran drainase di lingkungan Masjid Arafah agar tujuan dan sasaran tercapai.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahap ini adalah pengukuran dimensi existing saluran, pembersihan sedimen saluran, pengukuran kembali dimensi saluran awal dan pengukuran kecepatan aliran saluran serta pengadaan dan penataan posisi titik sampah penyebab sumbatan saluran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasmar, H.A. Halim. 2012. Drainase Terapan. UII Press. Yohyakarta.

Irsan Rosady. 2021. Penanggulangan Genangan Air Pada Jalan Pramuka Kecamatan Bnajrmasin Timur Kota Banjarmasin. Program Studi Teknik Sipil. Politeknik Negeri Banjarmasin.

Suripin. 2004. sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Penerbit

Andi. Triatmodjo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Beta Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-05