BIMBINGAN TEKNIS PERHITUNGAN PERSEDIAAN PADA UMKM TOKO KURNIA BANJARMASIN

Authors

  • Sirajudin Sirajudin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Mukhlisah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Lea Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v4i2.1433

Keywords:

persediaan, metode perhitungan persediaan

Abstract

Toko Kurnia adalah UMKM yang baru menjalankan usahanya di tengah masa pandemi covid-19 yang mempunyai keterbatasan keterampilan dalam perhitungan dan pencatatan persediaan mereka.  Suatu usaha dianggap ideal jika persediaan yang ada cukup untuk melayani permintaan pelanggan atau untuk keperluan produksi dan informasi tentang ketersediaan persediaan bisa dilihat pada buku besar persedian yang diperoleh melalui perhitungan persediaan.  

Hal tersebut menjadi permasalahan khususnya bagi pemilik UMKM Toko Kurnia Banjarmasin, karenanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan solusi berupa bimbingan teknis perhitungan dan pencatatan persediaan barang dagangan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan menghitung dan mencatat persediaan barang dagangannya agar bisa melakukan pengawasan atas persediaan yang ada.  Pengawasan atas persediaan akan bisa menentukan tercapainya tingkat efisiensi biaya dalam persediaan dan pengaruhnya terhadap laba rugi.

Metode yang diberikan berupa bimbingan teknis tentang perhitungan dan pencatatan persediaan serta latihan/praktiknya menggunakan kertas kerja sederhana.  Kegiatan ini berhasil dilaksanakan pada Sabtu, 14 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh pemilik Toko Kurnia Banjarmasin, pimpinan Jurusan dan Prodi D3 Akuntansi Poliban serta panitia pengabdian.  Kegiatan berjalan dengan lancar dimana peserta diberikan pengantar tentang persediaan dan karakter persediaan terlebih dahulu.  Kemudian, diberikan penjelasan tentang ragam metode pencatatan persediaan yang lazim digunakan pada akuntansi beserta contoh masing-masing perhitungannya.  Setelah itu, dilanjutkan latihan perhitungan persediaan dengan contoh jenis barang-barang yang ada di Toko Kurnia Banjarmasin.  

Kata Kunci: persediaan, metode perhitungan persedian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barchelino, R. (2016). Analisis penerapan PSAK No. 14 terhadap metode pencatatan dan penilaian persediaan barang dagangan pada PT. Surya Wenang Indah Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Dwiprastio, C., Karismariyanti, M., & Sukawati, R. (2012). Aplikasi Penjualan dan Persediaan Barang Dagang dengan Metode Perpetual FIFO Berbasis Web (Studi Kasus pada PD. XYZ). Jurnal Teknologi Informasi, 1(3), 82-87.

https://www.simplidots.com/metode-perhitungan-inventory/

https://interactive.co.id/blog/10-permasalahan-ukm-dan-cara-mudah-untuk-mengatasinya-127.html diunduh per 15 Mei 2021

Lestari, D., Subagyo, S., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Perhitungan Persediaan Bahan Baku Dengan Metode FIFO dan Average (Study Kasus Pada UMKM AAM Putra Kota Kediri) Tahun 2019. CAHAYA AKTIVA, 9(2), 119-142.

Listiani, A., & Wahyuningsih, S. D. (2019). Analisis pengelolaan persedian barang dagang untuk mengoptimalkan laba. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 4(1), 95-103.

Luayyi, S. (2020). Evaluasi sistem pengendalian intern persediaan bahan baku untuk memperlancar proses produksi (Studi kasus pada Pr. Kn Jaya Sentosa Kediri). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 1(1), 29-37.

Shintia, N., & Mantala, R. (2019). Analisis Kelayakan Proyek Sistem Informasi Persediaan. Positif: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 5(2), 89-96.

Sugiyanto, S., Holiawati, H., Ruhiyat, E., Marjohan, M., & Waryanto, H. (2021). Manajemen Persediaan Dalam Meningkatkan Laba Dimasa Pandemi Covid-19 Studi Empiris Pada UKM Dibawah Naungan Disperindag Dan Koperasi Kabupaten Purwakarta. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 262-272.

Tamodia, W. (2013). Evaluasi penerapan sistem pengendalian intern untuk persediaan barang dagangan pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Windasari, A., & Linawati, L. (2020, November). Analisis Perbandingan Metode Perhitungan Persediaan Average dan FIFO Pada PT Bengawan Karya Sakti. In PROSEDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI (Vol. 3, No. 1).

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles