SOSIALISASI PENGELOLAAN PERSEDIAAN MELALUI PENDEKATAN METODE FIRST IN FIRST OUT BAGI UMKM BANJARMASIN DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Julkawait Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin Indonesia
  • Widya Ais Sahla Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin Indonesia
  • Hikmahwati Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v4i2.1261

Keywords:

Persediaan, metode First In First Out, UMKM Retail Banjarmasin

Abstract

Pandemic Covid-19 berdampak pada penurunan penjualan UMKM di Indonesia secara umum tidak terkecuali pelaku UMKM Retail Banjarmasin, menurunnya penjualan akan sangat berdampak menumpuknya persediaan. Menumpukan persediaan mengakibatkan ada beberapa persediaan yang rusak, khusus untuk bahan makanan yang batas kadaluarsanya telah lewat pada akhirnya tidak bisa lagi dijual kepada konsumen. Kurangnya pemahaman bagaimana pengelolaan persediaan yang baik membuat pelaku UMKM mengelola persediaannya dengan apa adanya. Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan para UMKM di Banjarmasin mengenai pengelolaan persediaan barang dengan menerapkan metode First In First Out (Masuk Pertama Keluar Pertama) agar dapat meningkatkan pendapatan dengan meminimalisir adanya biaya persediaan yang expaired. Metode yang akan digunakan adalah bimbingan secara langsung oleh kami sebagai dosen Prodi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin  dengan berdiskusi dan latihan/praktik di beberapa tempat pelaku UMKM bagaimana melakukan perhitungan persediaan. Melalui pengabdian ini kami mencoba melakukan transfer ilmu kepada masyarakat pelaku usaha UMKM pedagang retail Banjarmasin yang ada di sekitar Pasar Hanyar dan Kelayan B, bagaimana pengelolaan persediaan barang dagangan dengan menerapkan metode First In First Out (Masuk Pertama Keluar Pertama). Luaran yang direncanakan dalam usulan pengabdian masyarakat ini publikasi di Jurnal Implementation and Action (IMPACT) Poliban 2022.

 

Kata Kunci : Persediaan, metode First In First Out, UMKM Retail Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bisnis.com. 2021. Survei BI: 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19. Jakarta. 19 Maret 2021.

Husaen, Siti Pratiwi. 2020. Sosialisasi Pengelolaan Persediaan Barang Dagang Umkm Di Masa Pandemi Covid 19. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo.

Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Poliban 2021.

Downloads

Published

2022-12-03

Issue

Section

Articles