BANTUAN TEKNIS PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN TAHAP 3 (TIGA) PEMBANGUNAN TAHFIZ AL QURAN AN NUR JL. PRAMUKA BANJARMASIN

Authors

  • Akhmad Marzuki Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ahmad Norhadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Surat Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v4i1.1255

Keywords:

monitoring, realisasi, kenaikan harga

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini dimulai dari pembongkaran bangunan lama dan setting batas lokasi sesuai detail engineering design (DED) yang telah selesai pada tahap 2 (dua). Pekerjaan pada Tahap ini adalah pekerjaan fondasi, lantai dan dinding sampai atap untuk kebutuhan aula dan ruang kelas. Kegiatan tersebut dikendalikan dan diawasi oleh Tim pengabdian kepada masyarakat sampai pembangunan selesai.

Hasil kegiatan tersebut dituangkan dalam bentuk monitoring berkala harian, mingguan, dan bulanan. Hasil monitoring menunjukkan bahwa pada realisasi pekerjaan terjadi kemajuan dan kemunduran terhadap rencana. Hal ini disebabkan karena keterlambatan material dan adanya pembatasan waktu pekerjaan pada saat pandemi.

Pengurangan mutu bahan di lapangan terjadi pada besi tulangan plat. Hal ini disebabkan adanya kenaikan harga material besi tulangan lebih dari 30%. Oleh sebab itu dilakukan modifikasi jarak tulangan yang lebih kecil dari jarak tulangan rencana. Solusi teknis lainnya adalah pembatasan waktu pekerja saat pandemi dengan cara melakukan shift pekerjaan per kelompok pekerja.

 

 Kata kunci : (monitoring, realisasi, kenaikan harga )

Downloads

Download data is not yet available.

References

Detail Engineering Design, 2019, Pembangunan Rumah Tahfiz Al Quran An Nur.
Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 Provinsi Kalimantan Selatan tentang wajib belajar Al Quran di sekolah umum mulai tahun ajaran 2010-2011

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

Articles