IMPLEMENTASI PENDINGIN AIR PADA SEL SURYA SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN EFISIENSI SUMBER ENERGI LISTRIK DI PONDOK PESANTREN MAHAD ARRAHMAN

Main Article Content

Akhmad Syarief
Gunawan Rudi Cahyono
Pathur Razi Ansyah
Ma'ruf Ma'ruf

Abstract

Pondok Pesantren Mahad Arrahman telah memanfaatkan energi terbarukan berupa sel surya untuk mengurangi pemakaian energi listrik, dan juga berfungsi sebagai energi cadangan ketika terjadinya pemadaman listrik. Namun, kendala lain muncul pada pemanfaatan energi sel surya ini, yaitu daya yang terpasang masih tidak mampu mencukupi kebutuhan pondok pesantren akan listrik. Penurunan performa ketika proses charging di siang hari yang terasa lebih lambat, dibandingkan waktu menjelang siang. Salah satu penyebabnya adalah ketika temperatur meningkat  terjadi penurunan performa sel surya. Untuk itu diperlukan tambahan energi listrik berupa panel surya beserta instalasinya dengan teknologi berpendingin air. Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi perancangan alat teknologi sel surya berpendingin air yang diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan di Pondok Pesantren Mahad Arrahman. Luaran kegiatan ini adalah berupa pemahaman dan transfer keterampilan teknologi sel surya berpendingin air dan Alat yang terdiri dari Sel Surya, Pompa air DC, Pipa Instalasi jalur air, Saklar, Kontroler, Inventer, dan Baterai. Manfaat dari kegiatan ini adalah terjadinya penambahan daya listrik menggunakan energy tenaga surya dan diharapkan terjadinya penurunan temperature setelah dipasang teknologi pendingin air sehingga terjadi peningkatan performa sel surya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A. D. Biodun, A. D. Kehinde, and O. T. Aminat, “Experimental Evaluation of the Effect of Temperature on Polycrystalline and Monocrystalline Photovoltaic Modules,” IOSR J. Appl. Phys., vol. 09, no. 02, pp. 5–10, 2017.
H. Isyanto, Budiyanto, Fadliondi, and P. G. Chamdareno, “Pendingin untuk peningkatan daya keluaran panel surya,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2017, no. November, pp. 1–2, 2017.
D. Almanda and D. Bhaskara, “Studi Pemilihan Sistem Pendingin pada Panel Surya Menggunakan Water Cooler, Air Mineral dan Air Laut,” Resist. (Elektronika Kendali Telekominakasi Tenaga List. Komputer), vol. 1, no. 2, 2018.
Cahyono, G. R., Ansyah, P. R. and Munthaha, M. (2020) ‘Pengaruh Variasi Kecepatan Hembusan Udara Terhadap Temperatur , Daya Output dan Efisiensi Pada Pendinginan Panel Surya’, Infotekmesin, 11(02), pp. 141–146. doi: 10.35970/infotekmesin.v11i2.259.