PELATIHAN DASAR SISTEM KONTROL KENDARAAN RINGAN BAGI SISWA SMK SYUHADA BANJARMASIN

Authors

  • Muhammad Firdaus Jauhari Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Raihan Raihan Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Arsyad Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rusmini Sri Maryati Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v3i1.1102

Keywords:

kontrol, kendaraan, listrik, otomotif, siswa

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang dasar sistem kontrol yang dapat diaplikasikan pada kendaraan ringan yang dapat menjadi bekal keilmuan yang potensial untuk dikembangkan. Teknologi kendaraan ringan saat ini terus bergerak dari penggerak motor bakar ke penggerak motor lisrik, dan dari perangkat manual ke perangkat otomatis. Sehingga pemahaman hitech for automotive menjadi suatu keharusan bagi siswa yang mendalami bidang ini. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dalam bentuk Project Based Learning secara praktis ke peserta pelatihan, yang penyampaian materi disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dari peserta kegiatan merupakan siswa SMK. Peserta pelatihan sebanyak 12 orang terdiri dari 10 siswa dan 2 guru, dengan alasan keselamatan selama masa pandemi covid 19 dan menghindari kerumunan orang banyak. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dengan kombinasi ruang kelas untuk teori, lab. komputer untuk simulasi software kelistrikan, dan workshop otomotif untuk ujicoba aplikasi sistem kontrol di kendaraan secara langsung. Hasil kegiatan semua peserta dapat memahami dan menyelesaikan semua project yang disiapkan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hollembeak, B., 2011. Shop Manual for Advanced Automotive Electronic Systems. Delmar, Cengage Learning.
Jauhari, M.F. and Arsyad, M.M., 2020, February. The development of appropriate technology: Simple double layer vehicle safety system. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1450, No. 1, p. 012103). IOP Publishing.
Jauhari, M.F. and Mujiarto, S., 2017. A DESIGN OF DRIVE BY TOUCHING TECHNOLOGY AS AN AUTOMATIC SAFETY FEATURE ON MOTOR VEHICLE. In Seminar Nasional Riset Terapan (Vol. 2, pp. C106-C114).
Ribbens, W.B., 2017. Chapter 7—Vehicle Motion Controls. Understanding Automotive Electronics, 8th ed.; Butterworth-Heinemann: Oxford, UK, pp.343-408.

Published

2021-02-18

Issue

Section

Articles