PERBAIKAN POLA MANAJEMEN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASJID

Main Article Content

Andriani Andriani
Manik Mutiara Sadewa
Basyirah Ainun
Lusiana Handayani

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dari Prodi D4 Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah bertujuan untuk membantu pengurus masjid Al Mukarramah Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas layanan kepada jamaah. Masjid diharapkan tidak semata mata sebagai tempat kegiatan ibadah tetapi juga menjadi pusat kegiatan masyarakat baik itu aktivitas ekonomi, Pendidikan maupun sosial/budaya. Dalam menyediakan layanan kepada jamaah, diperlukan biaya rutin yang harus selalu tersedia, oleh karena itu perlu untuk membuka pandangan jamaah agar menjadi jamaah “mandiri” dengan berinfaq secara rutin kepada masjid. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengurus masjid dalam menstimulasi jamaah untuk bersegera menjadi jamaah “mandiri”. Selanjutnya pengurus dapat selalu menerapkan praktik yang sehat dalam pengelolaan keuangan masjid sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pengurus masjid

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, Sadewa, M. M. and Mahyuni (2019) ‘Akuntabilitas organisasi masjid : implementasi dan problematika’, in National Conference on ASBIS 2019, pp. 55–65. Available at: http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/359/305.
Ikatan Akuntan Indonesia (2017a) PSAK 109.
Ikatan Akuntan Indonesia (2017b) PSAK No.101. Jakarta: IAI.
Jogokariyan, M. M. (no date) Masjid Jogokariyan. Available at: https://masjidjogokariyan.com/.